Bashar Al-Assad: Kemenangan Sudah Dekat

Kamis, 02 Agustus 2018 - 03:19 WIB
Bashar Al-Assad: Kemenangan Sudah Dekat
Bashar Al-Assad: Kemenangan Sudah Dekat
A A A
DAMASKUS - Presiden Suriah Bashar al-Assad mengatakan kepada pasukannya mereka hampir memenangkan perang saudara selama tujuh tahun di negara itu. Pernyataan tersebut dilontarkan Assad setelah serangkaian kekalahan yang dialami pemberontak Suriah.

Awal tahun lalu, pasukan pemerintah hanya menguasai 17 persen dari wilayah nasional. Namun serangkain serangan yang melelahkan memaksa para pemberontak keluar dari banyak benteng mereka, menempatkan pemerintah Assad mengendalikan hampir dua pertiga wilayah negara itu.

"Tanggal kemenangan kami sudah dekat," kata Assad dalam sebuah surat terbuka kepada pasukannya.

"Mereka (para pemberontak) akhirnya dipaksa untuk pergi - dipermalukan, menggulung kembali, ekor mereka di antara kaki mereka - setelah Anda memberi mereka rasa kekalahan yang pahit," imbuhnya seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (2/8/2018).

Sebagian besar wilayah itu direbut kembali tanpa pertempuran apa pun karena para pemberontak dengan terpaksa setuju untuk meninggalkan wilayah mereka yang dibombardir dengan konvoi yang dilindungi Rusia.

Tentara Suriah mendapat dukungan serangan udara Rusia, penasihat militer Iran dan milisi dari Libanon, Iran, Irak dan Afghanistan.

Pasukan pemerintah sekarang membersihkan sisa-sisa wilayah pemberontak dan militan di selatan, di mana pemberontakan melawan Assad pertama kali terjadi pada tahun 2011 lalu.

Pekan lalu, Assad menjanjikan serangan serupa terhadap satu-satunya kubu utama pemberontak - provinsi Idlib di barat laut. Tetapi sekutunya, Moskow, telah mengesampingkan serangan besar-besaran terhadap provinsi itu dalam waktu dekat.
Idlib adalah zona terakhir dari empat zona "de-eskalasi" yang disepakati oleh kekuatan dunia pada tahun 2017 di mana para pemberontak masih memiliki kehadiran yang besar.

Para pemberontak dan warga sipil telah keluar dari tiga zona lainnya ketika mereka jatuh ke tangan pemerintah, semuanya dibawa ke Idlib, meningkatkan populasinya menjadi sekitar 2,5 juta orang.

Operasi militer di provinsi itu akan menyebabkan eksodus massal ke perbatasan dengan Turki, dan bahkan Rusia telah memperingatkan terhadap serangan itu.

"Saat ini tidak ada pertanyaan dan dapat ditanyakan tentang operasi - serangan besar-besaran - terhadap Idlib," kata Dubes Rusia untuk Suriah Alexander Lavrentiev.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6092 seconds (0.1#10.140)