Rusia Tegaskan Akan Balas Pengusiran Diplomat oleh Yunani

Rabu, 11 Juli 2018 - 21:56 WIB
Rusia Tegaskan Akan Balas Pengusiran Diplomat oleh Yunani
Rusia Tegaskan Akan Balas Pengusiran Diplomat oleh Yunani
A A A
MOSKOW - Rusia menegaskan akan memberikan respon yang setimpal terhadap Yunani, karena sudah mengusir dua diplomat Moskow yang berada di Yunani. Selain mengusir dua diplomat Rusia, Yunani juga disebut melarang dua diplomat Rusia memasuki negara mereka.

"Rusia akan memberikan respon yang setimpal terhadap pengusiran dua diplomat Rusia dari Yunani," kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan, menanggapi kabar tersebut.

"Respon setimpal itu akan mengikuti praktik yang telah ditetapkan untuk kasus-kasus lainnya yang sama," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (11/7).

Seperti dilaporkan sebelumnya, surat kabar Kathimerini yang mengutip sumber diplomatik, melaporkan bahwa Athena telah mengusir diplomat asal Rusia dengan tuduhan kegiatan ilegal dan campur tangan yang merusak keamanan nasional.

Sumber yang sama mengklaim bahwa Yunani ingin mempertahankan hubungan baik dengan Rusia, mempromosikan persahabatan antara kedua negara, dan kerja sama antar pemerintah dan aktor masyarakat sipil di kedua belah pihak. Namun ini bisa dilakukan hanya atas dasar paritas dan saling menghormati kedaulatan dan kemerdekaan kedua negara, catatan surat kabar.

Kathimerini menulis bahwa Athena selalu sangat berhati-hati dalam hubungannya dengan Moskow. Ini terlihat saat insiden Skripal di Salisbury, Inggris. Yunani ketika itu tidak mengikuti negara-negara Barat lainnya yang dengan tergesa-gesa mengusir para diplomat Rusia.

Laporan itu mengklaim bahwa telah ada upaya oleh Rusia untuk campur tangan dalam masalah-masalah nasional yang sangat sensitif dan mendukung kepentingan Yunani di Balkan, khususnya yang berkaitan dengan masalah nama Makedonia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7253 seconds (0.1#10.140)