Hari Ini Malaysia Gelar Pemilihan Umum

Rabu, 09 Mei 2018 - 18:08 WIB
Hari Ini Malaysia Gelar Pemilihan Umum
Hari Ini Malaysia Gelar Pemilihan Umum
A A A
KUALA LUMPUR - Malaysia hari ini (Rabu, 9/5), menggelar pemilihan umum untuk menentukan siapakah yang akan memimpin negara itu untuk masa pemerintahan berikutnya. Pemilu ke-14 Malaysia mempertemukan Najib Razak, yang merupakan Perdana Menteri Malaysia saat ini dengan Mahatir Mohammad.

Koalisi Barisan Nasional (BN), pihak yang berkuasa saat ini menghadapi tantangan yang jauh lebih besar dari pemillu sebelumnya, karena kemarahan publik atas kenaikan harga dan skandal multi-miliar dolar yang telah menyelimuti Najib sejak 2015.

Sebuah jajak pendapat pemilihan umum menunjukkan bahwa dukungan untuk koalisi terus menurun, sedangkan dukungan untuk Pakatan Harapan, yang dipimpin Mahatir terus mendapatkan dukungan, khususnya di Semenanjung Malaysia.

Meski dukungan terhadap Barisan Nasional terus berkurang, banyak pengamat menilai bahwa posisi Najib masih sulit untuk digeser dan dia kemungkinan akan menang walau dengan selisih yang cukup tipis.

Komisi Pemilihan Malaysia mengatakan bahwa 69 persen dari sekitar 15 juta pemilih terdaftar telah memberikan suara mereka hingga siang hari tadi.

Dia media sosial, warga Malaysia mengeluhkan antrean panjang di luar pusat pemungutan suara, yang menghasilkan waktu tunggu hingga tiga jam atau lebih untuk beberapa orang. Para pemimpin oposisi menyerukan agar waktu pemberian suara diperpanjang sehingga semua pemilih dapat berpartisipasi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5502 seconds (0.1#10.140)