Gara-gara Durian Busuk, Satu Universitas Dievakuasi

Senin, 30 April 2018 - 06:37 WIB
Gara-gara Durian Busuk, Satu Universitas Dievakuasi
Gara-gara Durian Busuk, Satu Universitas Dievakuasi
A A A
MELBOURNE - Lebih dari 500 mahasiswa dan guru terpaksa dievakuasi dari sebuah universitas di Melbourne, Australia. Hal itu dipicu dari bau yang awalnya dicurigai sebagai kebocoran gas.

Namun ternyata bau gas yang disebut siswa berasal dari perpustakaan RMIT adalah bau durian yang membusuk. Durian itu ditinggalkan di sebuah lemari.

Insiden bermula saat staf dan mahasiswa di universitas melaporkan bau yang mereka pikir sebagai kebocoran gas di gedung perpustakaan. Mereka lantas dievakuasi oleh kepolisian setempat.

Pemadam kebakaran mengatakan bangunan kampus tersebut menyimpan bahan kimia yang berpotensi berbahaya, yang memicu penyelidikan terhadap sumber bau.

Setelah apa yang disebut oleh petugas pemadam kebakaran sebagai "pencarian komprehensif", mereka menemukan bahwa baunya bukan karena gas kimia melainkan berasal dari durian yang membusuk.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan bau telah menyebar ke seluruh gedung melalui sistem pendingin udara.

"Bangunan itu kini telah dibuka kembali," Melbourne Fire Brigade Melbourne mengatakan dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari BBC, Senin (30/4/2018).

Durian adalah buah tropis yang dikenal karena baunya yang kuat. Buah ini mempunyai daging yang manis dan lembut, tetapi bau mereka dapat digunakan untuk mengetahui seberapa baik kondisi buah tersebut.

Majalah Smithsonian menggambarkannya sama dengan "terpentin dan bawang, dihiasi dengan kaus kaki olahraga".
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3095 seconds (0.1#10.140)