Israel Hancurkan Terowongan Gaza 'Terpanjang'

Minggu, 15 April 2018 - 23:24 WIB
Israel Hancurkan Terowongan Gaza Terpanjang
Israel Hancurkan Terowongan Gaza 'Terpanjang'
A A A
GAZA - Militer Israel telah menonaktifkan terowongan besar yang digali oleh militan yang mencapai ke Israel dari Jalur Gaza. Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman mengatakan, terowongan tersebut adalah terowongan terpanjang dan terdalam dari jenisnya yang ditemukan Israel.

Seorang juru bicara militer mengatakan terowongan itu telah digali sejak perang Gaza 2014, seiring Israel menghancurkan lebih dari 30 terowongan yang katanya dimaksudkan untuk melakukan serangan.

Israel menggunakan langkah-langkah canggih untuk menggagalkan terowongan yang digali oleh militan.

Juru bicara militer Israel Letnan Kolonel Jonathan Conricus mengatakan terowongan itu telah digali oleh Hamas dan dimulai di daerah Jabaliya di Jalur Gaza utara. Ia mengatakan terowongan itu menembus beberapa meter ke Israel ke arah Nahal Oz, tetapi belum memiliki jalan keluar.

Ia mengatakan terowongan itu membentang beberapa kilometer ke Gaza dan terhubung dengan terowongan lain dari mana serangan bisa diluncurkan. Israel menonaktifkan terowongan itu selama akhir pekan.

"Kami mengisi terowongan dengan material yang membuatnya tidak berguna untuk waktu yang sangat lama," kata Conricus seperti dikutip dari BBC, Minggu (15/4/2018).

"Itu adalah terowongan Gaza kelima yang dihancurkan oleh militer Israel dalam beberapa bulan terakhir," imbuh Conricus.

Beberapa terowongan telah dibangun oleh kelompok militan Palestina, Jihad Islam, dan terowongan lainnya oleh Hamas, kelompok Islam yang mengontrol Gaza.

Sejak tahun lalu, Israel telah menggunakan peralatan khusus untuk mendeteksi keberadaan terowongan, dan membangun penghalang teknologi tinggi di atas dan di bawah tanah di sepanjang perbatasannya dengan Gaza untuk mencegah terowongan baru digali.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4091 seconds (0.1#10.140)