Rayakan Natal, Ratu Elizabeth II Puji Selera Humor Suami

Selasa, 26 Desember 2017 - 12:00 WIB
Rayakan Natal, Ratu Elizabeth II Puji Selera Humor Suami
Rayakan Natal, Ratu Elizabeth II Puji Selera Humor Suami
A A A
LONDON - Ratu Inggris, Elizabeth II, memberikan penghormatan kepada suaminya, Pangeran Philip, dalam pesan Natalnya. Sang Ratu juga memuji "dukungan dan selera humor" pendamping hidupnya itu.

Pria berusia 96 tahun itu telah mendampingi Ratu Elizabeth II selama 65 tahun menduduki takhta Kerajaan Inggris. Philip juga kerap menjadi perhatian media massa Inggris karena berbagai komentarnya yang kurang pantas bagi keluarga kerajaan. Memakai gelar Duke of Edinburgh, Philip pensiun dari berbagai tugas kerajaan pada musim panas tahun ini. Meski demikian, ia sesekali muncul ke publik, salah satunya adalah saat menghadiri misa malam Natal di kompleks kerajaan Inggris di Sandringham.

Ratu Elizabeth II juga akan menyampaikan nilai penting rumah dalam pesan Natal-nya. Ia juga menyinggung komunitas masyarakat di London dan Manchester setelah kebakaran hebat melanda Grenfell Towerfire serta aksi teror di kedua kota tersebut. "Kita akan mengingat rumah sebagai tempat penuh kehangatan, kekeluargaan dan penuh cinta. Ada kesederhanaan abadi tentang rumah," demikian akan disampaikan Sang Ratu, merujuk naskah yang dikirimkan oleh Istana Buckingham, seperti dikutip dari Reuters, Senin (25/12/2017).

"Natal tahun ini, saya mengenang London dan Manchester, yang kekuatannya bersinar selama 12 bulan terakhir dalam menghadapi berbagai serangan mengerikan," imbuh Elizabeth II, dalam pesan yang akan disiarkan pada pukul 15.00. Elizabeth II sendiri jarang berbicara tentang suaminya. Saat ulang tahun emas pernikahan mereka pada 1997, perempuan yang paling lama memimpin kerajaan di dunia itu menyebut, sang suami tidak mudah menerima pujian, tetapi Philip telah menjadi kekuatan Elizabeth II dan terus menemaninya.

Selama karier kerajaannya, Philip muncul seorang diri dalam sedikitnya 22 ribu kegiatan kerajaan. Ia mencatat reputasi karena beragam komentarnya, termasuk soal "mata sipit" saat mengunjungi China di era 1980-an. Selama dekade berikutnya, Pangeran Philip pernah juga berkata, "Apakah kebanyakan dari kalian merupakan keturunan bajak laut?" kepada penduduk asli di Kepulauan Cayman.

Philip juga pernah bertanya kepada seorang instruktur mengemudi di Skotlandia, "Bagaimana cara Anda menjaga para penduduk asli menjauhi minuman keras cukup lama hingga mereka berhasil lulus ujian?" Pesan Natal tahunan Kerajaan Inggris telah ada sejak masa Raja George V di 1932. Pesan ini pertama kali ditayangkan di televisi 60 tahun lalu, yaitu pada 1957.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5913 seconds (0.1#10.140)