Rumah Kubah Tahan Gempa Terbuat dari Gabus dan Perekat Lem

Selasa, 07 November 2017 - 14:00 WIB
Rumah Kubah Tahan Gempa Terbuat dari Gabus dan Perekat Lem
Rumah Kubah Tahan Gempa Terbuat dari Gabus dan Perekat Lem
A A A
RUMAH unik berbentuk kubah dengan gambar kartun dan binatang menarik kunjungan wisatawan asing ke Jepang. Bukan hanya keanehan dan keganjilan bentuk rumah tersebut, tetapi 400 rumah berbentuk kubah itu juga tahan gempa.

Rumah itu dibuat dari gabus polysterene dan dilem bersama sehingga membentuk rumah. Masing-masing rumah hanya bisa ditempati dua orang. "Meskipun material itu sangat ringan, rumah kubah itu tahan gempa mematikan pada tahun lalu di prefektur Kumamoto, Aso," ujar Manajer Resor Aso Farm Land, Masaya Konishi, dilansir Reuters.

Rumah kubah itu tidak berbahaya bagi anak-anak. Kubah itu juga tidak hancur meskipun dilempar dengan gelas. Angin dan gempa saja tidak mampu merusak rumah unik itu. "Rumah itu tidak memiliki balok sehingga tidak bisa dirusak," kata Konishi.

Desain rumah kubah itu langsung dilakukan pemimpin Aso Farm Land, Katsuyuki Kitagawa. Dia terinspirasi dengan industri permen Jepang yang beragam dan beraneka warga. "Suatu hari Kitagawa terarik memasukkan orang ke dalam manju permen tradisional Jepang. Dengan begitu, dia memutuskan membuat rumah kubah dengan desain seperti permen dan bergambar hewan dan bunga sebagai daya tarik," ujarnya.

Menurut Japan Dome House, perusahaan yang memproduksi rumah kubah, penjualan produk mereka meningkat tiga kali lipat setelah gempa tahun 2016. Warga Jepang sangat memperhatikan keselamatan mereka karena ancaman gempa selalu terjadi di depan mata.

Tak mengherankan jika rumah kubah itu menjadi salah satu tujuan wisatawan keluarga yang berkunjung ke Jepang. Salah satu gambar paling populer adalah Kumamon, karakter beruang yang menjadi maskot wilayah Kumamoto.

"Kita mencari sesuatu yang berbeda, tetapi sangat Jepang. Tentu tempat itu menyenangkan," ujar wisatawan Singapura, Tsalina Phang.

Dia mengaku menginap di rumah kubah bersama dua putri dan suaminya. "Dekorasi Kumamon sangat sempurna bagi kita," kata Phang. Dia mengaku anaknya juga sangat senang tidur di depan gambar beruang Kumamon.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5983 seconds (0.1#10.140)