Telepon Suu Kyi, Erdogan Sebut Dunia Islam Khawatir dengan Krisis Rohingnya

Selasa, 05 September 2017 - 21:34 WIB
Telepon Suu Kyi, Erdogan Sebut Dunia Islam Khawatir dengan Krisis Rohingnya
Telepon Suu Kyi, Erdogan Sebut Dunia Islam Khawatir dengan Krisis Rohingnya
A A A
ANKARA - Sumber kepresidenan Turki menuturkan, Tayyip Erdogan sudah melakukan komunikasi dengan pemimpin de-facto Myanmar, Au San Suu Kyi. Dalam pembicaraan tersebut Erdogan menyatakan masalah Rohingnya saat ini menjadi kekhawatiran dan perhatian dunia Islam.

Menurut sumber itu, Erdogan mengatakan bahwa kekerasan terhadap Muslim Rohingya merupakan genosida. Ia juga menuturkan kepada Suu Kyi, bahwa itu adalah pelanggaran hak asasi manusiadan bahwa dunia Muslim sangat prihatin.

Melansir Reuters pada Selasa (5/9), Erdogan dan Suu Kyi juga membahas solusi potensial untuk menghentikan pertempuran dan sarana untuk memberikan bantuan kemanusiaan ke wilayah tersebut.

"Erdogan telah mengecam terorisme dan operasi yang menargetkan warga sipil, menyuarakan kekhawatiran bahwa perkembangan tersebut dapat berubah menjadi krisis kemanusiaan yang serius," kata sumber itu.

Selain itu, dalam pembicaraaan tersebut juga Erdogan mengatakan dia akan menugaskan Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu ke Bangladesh pada hari Rabu. Cavusoglu ke Bangladesh untuk membahas masalah pengungsi Rohingnya.

Sebelumnya, Erdogan menyatakan dia akan membawa isu Rohingnya pada Sidang Umum PBB yang akan berlangsung pada pertegahan September. "Saya akan mengemukakan apa yang sedang terjadi di Myanmar di Sidang Umum PBB pada 19 September dengan cara yang paling luas. Kami akan membicarakan semua ini dengan para pemimpin di sana,"ucapnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5652 seconds (0.1#10.140)