China Desak Korut Setop Uji Coba Rudal

Senin, 29 Mei 2017 - 18:52 WIB
China Desak Korut Setop Uji Coba Rudal
China Desak Korut Setop Uji Coba Rudal
A A A
BEIJING - Pemerintah China mendesak Korea Utara (Korut) untuk berhenti melakukan uji coba rudal dan nuklir. Beijing mengatakan hal ini harus dilakukan untuk menciptakan situasi kondusif untuk kembali memulai pembicaraan damai duo Korea.
Kementerian Luar Negeri China menyatakan, situasi di Semenanjung Korea saat ini sudah sangat kompleks dan uji coba rudal tersebut hanya akan membuat situasi semakin rumit. Selain kepada Korut, China juga mendesak pihak lain untuk tetap menahan diri.
"Saat ini situasi di Semenanjung Korea sangat kompleks dan sensitif. Kami berharap semua pihak yang relevan menjaga ketenangan dan pengendalian diri," kata Kemlu China dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (29/5).
Sebelumnya, desakan serupa disampaikan oleh Rusia. Dimana, Moskow mengecam uji coba rudal itu, dan meminta semua pihak untuk menahan diri dari melakukan tindakan yang akan memperburuk situasi.
"Kami pada saat yang sama meminta rekan-rekan yang bekerja untuk menahan diri, termasuk terhadap aktivitas militer di wilayah ini," kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Vladimir Titov.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5898 seconds (0.1#10.140)