Monster Laut Prasejarah Seukuran Bus Ditemukan di Rusia

Jum'at, 26 Mei 2017 - 23:32 WIB
Monster Laut Prasejarah...
Monster Laut Prasejarah Seukuran Bus Ditemukan di Rusia
A A A
MOSKOW - Para ilmuwan telah mengidentifikasi spesies baru yang "tidak biasa" dari reptil yang tinggal di Rusia. Reptil laut purba itu memiliki moncong mirip paruh lumba-lumba sungai dan empat sirip besar.

Dikutip dari Sky News, Jumat (26/5/2017), mirip dengan lumba-lumba atau buaya gharial, hewan laut itu memangsa ikan. Mirip dengan predator top yang menguasai samudra selama zaman dinosaurus, paruh panjangnya membedakannya dari kerabatnya yang memiliki rahang bergigi besar dan kuat.

Pinosaurus Luskhan Itilensis diperkirakan berukuran sekitar 6,5 meter atau seukuran bus kecil menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology. Hewan itu memiliki empat sirip besar yang berevolusi dari kaki dalam jangka waktu yang panjang, dan ekor seperti dayung.

Binatang purba itu diperkirakan hidup 130 juta tahun yang lalu bersamaan dengan stegosaurus dan diplodocus. Bandingkan dengan Tyrannosaurus rex yang hidup 66 juta tahun yang lalu.

Fosil tengkorak reptil laut itu digali dari tepi Sungai Volga di dekat kota Ulyanovsk di Rusia 15 tahun yang lalu. Tengkorak itu sendiri, dengan moncongnya yang panjang dan ramping, berukuran 1,5 meter atau setinggi rata-rata anak laki-laki berusia 13 tahun.

Para ilmuwan percaya bahwa paruh binatang yang tidak biasa tersebut menunjukkan bahwa keluarga reptil laut ini, yang disebut plesiosaurus, menjajah rentang relik ekologis yang jauh lebih luas daripada yang diyakini sebelumnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4010 seconds (0.1#10.140)