Trump Bantah Tengah Diselidiki FBI

Jum'at, 12 Mei 2017 - 05:14 WIB
Trump Bantah Tengah Diselidiki FBI
Trump Bantah Tengah Diselidiki FBI
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bersikeras jika ia tidak sedang berada di bawah penyelidikan FBI. Ia pun menyebut Direktur FBI yang dipecat, James Comey, sebagai seseorang peramal dan pencari perhatian.

Dalam wawancara pertamanya sejak memecat direktur FBI, Trump mengatakan kepada NBC News bahwa dia telah bertanya kepada Comey apakah dia sedang diselidiki.

"Saya katakan, jika bisa Saya beritahu Anda, 'Apakah saya sedang diselidiki?' Dia berkata: 'Anda tidak sedang diselidiki'. Saya tahu saya tidak diselidiki," kata Trump seperti dikutip dari BBC, Jumat (12/5/2017).

Trump juga memberikan penjelasan yang bertentangan dengan Gedung Putih terkait alasan pemecatan Comey. Gedung Putih mengatakan jika pemecatan Comey adalah rekomendasi dari pejabat tinggi peradilan.

"Dia adalah peramal, dia adalah seorang pencari perhatian, FBI telah mengalami kekacauan, saya akan memecat Comey, itu keputusan saya. Saya akan memecatnya tanpa mempedulikan rekomendasi," tegas Trump.

Comey tengah memimpin penyelidikan dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan AS dan kemungkinan adanya kolusi antara pejabat kampanye Trump dan Moskow.

Namun Trump telah menolak penyelidikan tersebut dan menyebutnya sebagai "sandiwara", sebuah klaim yang secara langsung bertentangan dengan suksesor Comey.

Direktur sementara FBI, Andrew McCabe mengatakan, penyelidikan tersebut sangat signifikan. Ia pun membantah klaim Gedung Putih yang menyatakan Comey telah kehilangan kepercayaan dari stafnya.

"Dengan yakin saya dapat memberitahu Anda bahwa sebagian besar karyawan menikmati hubungan yang dalam dan positif dengan Direktur Comey," ungkap McCabe.

Direktur FBI bertindak berjanji untuk tidak memperbarui Gedung Putih mengenai status penyelidikan tersebut dan memberi tahu panel Senat tentang usaha untuk mengganggu penyelidikan tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3364 seconds (0.1#10.140)