Mata-mata Swiss Ditangkap di Frankfurt

Senin, 01 Mei 2017 - 04:51 WIB
Mata-mata Swiss Ditangkap di Frankfurt
Mata-mata Swiss Ditangkap di Frankfurt
A A A
BERLIN - Seorang pria Swiss telah ditangkap di Frankfurt karena dicurigai sebagai mata-mata. Jaksa federal Jerman mengatakan bahwa orang tersebut diduga telah bekerja "untuk dinas intelijen sebuah kekuatan asing" sejak awal 2012.

Laporan menunjukkan bahwa pria tersebut mungkin telah memata-matai penyelidik pajak Jerman seperti dikutip dari BBC, Senin (1/5/2017).

Otoritas pajak di Jerman telah secara kontroversial membeli CD informasi dari whistleblower di bank-bank Swiss karena mereka berusaha menangkap penduduk Jerman dengan rekening bank Swiss.

Masalah ini telah menyebabkan gesekan antara pemerintah Swiss dan Jerman. Pihak berwenang di negara bagian federal Jerman telah membenarkan pembayaran yang lumayan dengan mengatakan bahwa informasi yang diperoleh akan menghasilkan jumlah yang jauh lebih besar dalam pajak yang belum dibayar yang diambil.

Tapi Swiss berpikir membayar orang yang mencuri informasi dari bank Swiss itu salah.

"Pria berusia 54 tahun, yang diberi nama hanya sebagai Daniel M, ditahan pada hari Jumat," kata jaksa penuntut, namun sebuah surat perintah penangkapan dikeluarkan untuknya pada bulan Desember.

Beberapa tempat tinggal dan bisnis di Frankfurt dan kawasan Wetterau di dekatnya digeledah oleh petugas dari Kantor Polisi Pidana Federal (BKA).
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6730 seconds (0.1#10.140)