Ciptakan Karavan dengan Lebih 200.000 Keping Lego

Rabu, 12 April 2017 - 23:09 WIB
Ciptakan Karavan dengan Lebih 200.000 Keping Lego
Ciptakan Karavan dengan Lebih 200.000 Keping Lego
A A A
BEAULIEU - Permainan lego disukai banyak orang di penjuru dunia. Tak hanya anakanak, orang dewasa pun terpikat memainkannya. Lego pun banyak digunakan untuk menciptakan berbagai model bangunan, kendaraan, atau bentuk lainnya yang spektakuler. Kali ini lego digunakan untuk membuat karavan.

Karavan berukuran panjang 3,6 meter dan tinggi 2,2 meter itu dibuat dari 215.158 keping bata lego. Yang menarik, karavan itu dilengkapi lampu listrik, saluran air dan berbobot 1,3 ton. Tak heran jika Guinness Book of Record mencatatnya sebagai karavan terbesar di dunia yang dibuat dari lego.

Karavan lego ini bukan sekadar kendaraan pameran, melainkan dapat digunakan untuk berekreasi ke suatu tempat. Dibutuhkan waktu 12 pekan serta lebih dari 1.000 jam untuk membuat karavan tersebut. Ukuran karavan ini 10 kali lipat lebih besar dari rekor sebelumnya untuk kategori karavan lego terbesar di dunia.

Karavan ini juga dilengkapi kulkas, tempat tidur, kursi, papan catur serta bidaknya. Tak hanya itu, menu sarapan pagi ala Inggris juga tersedia, ditambah sikat gigi dengan odolnya. Tentu semua itu berbahan lego.

”Kami ingin menciptakan sesuatu yang benar-benar unik untuk merayakan 130 tahun bersantai dengan karavan,” ungkap James Bissett, salah seorang pelaksana acara pemecahan rekor tersebut. ”Kami sungguh bahagia dengan bentuk yang mendapat penghargaan rekor dunia ini,” imbuh dia.

Bissett mengungkapkan, sejauh ini semua orang yang melihatnya merasa kagum dengan tampilan detail yang akurat. Desain bagian dalam karavan itu pun sungguh luar biasa. Menurut dia, bersantai dengan karavan telah menjadi kegiatan turun-temurun dan berlanjut hingga kini.

Jutaan anggota keluarga menikmati aktivitas dengan karavan di luar ruangan setiap tahun. Juara dunia superbike Carl Fogarty mendapat kehormatan untuk menyelesaikan susunan lego karavan tersebut dengan menempatkan keping Lego terakhir. Dia juga didampingi pembawa acara Matt Baker. Agar karavan ini dapat berfungsi, fondasi karavan menggunakan rangka asli dan ditambah ban asli. Bahanbahan lainnya menggunakan kepingan lego.

Semua perangkat yang menggunakan listrik dapat berfungsi dengan normal. Dibutuhkan 12 orang untuk merakit karavan luar biasa tersebut. Karavan ini dipamerkan di Museum Motor Nasional di Beaulieu, Inggris. Pada awal Januari, lego juga digunakan untuk membangun replika mobil Batman (Batmobile), yang kemudian dipajang di North American International Auto Show (NAIAS).

Craig Glenday, dari Guinness World Records, mengatakan bahwa aksi ini merupakan cara terbaik merayakan 130 tahun santai dengan karavan. Pemecahan rekor ini sangat menarik perhatian banyak orang karena menggabungkan dua hal berbeda, yakni karavan dan lego.

"Kami sangat tercengang melihat kreativitas, dedikasi dan komitmen orang-orang yang memiliki tujuan dan fokus untuk mencapai hal yang luar biasa. Tingkat akurasi dan detail-detail karavan ini sangat fenomenal dan saya yakin pengunjung dalam beberapa hari ini akan terkesan seperti kami,” pungkas Glenday.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3657 seconds (0.1#10.140)