Autopsi Rampung, Malaysia Siap Serahkan Jasad Kim Jong-nam ke Korut

Kamis, 16 Februari 2017 - 19:07 WIB
Autopsi Rampung, Malaysia...
Autopsi Rampung, Malaysia Siap Serahkan Jasad Kim Jong-nam ke Korut
A A A
KUALA LUMPUR - Pemerintah Malaysia mengaku siap memulangkan jenazah Kim Jong-nam, yang merupakan kakak tiri diktator Korea Utara (Korut) Kim Jong-un ke Pyongyang. Pemulangan jenazah Jong-nam dilakukan setelah auotopsi terhadap pria bertubuh gempal itu selesai dilakukan.
"Setelah semua kebijakan dan prosedur medis selesai, kita dapat memulangkan jenazah melalui kedutaan," kata Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi, seperti dilansir Reuters pada Kamis (16/2).
Terkait proses autopsi, pihak Korut sejatinya telah meminta otoritas Malaysia untuk tidak melakukan autopsi terhadap Jong-nam. Namun, hal itu langsung ditolak pihak berwenang Malaysia.
Upaya melarang autopsi itu dilakukan melalui diplomasi berjam-jam oleh para pejabat rezim Kim Jong-un. Upaya Korut gagal, dan proses autopsi tetap dilakukan pada hari Rabu, 15 Februari.
Jong-nam, sendiri dibunuh oleh dua wanita dengan racun di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada hari Senin lalu. Korban dibunuh sekitar pukul 09.00 saat menunggu penerbangan ke Macau, China. Salah seorang pelaku diketahui adalah warga negara Indonesia (WNI).
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0154 seconds (0.1#10.140)