Trump Tulis Sendiri Pidato Inaugurasi

Jum'at, 20 Januari 2017 - 17:31 WIB
Trump Tulis Sendiri Pidato Inaugurasi
Trump Tulis Sendiri Pidato Inaugurasi
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Donald Trump membuat catatan sejarah dengan menulis sendiri pidato inaugurasinya. Presiden terakhir AS yang melakukan hal serupa adalah Warren G Harding pada 1921 silam.

Dua pejabatseniordalamtransisi pemerintahan Trump membenarkan bahwa sejak awal Trump ingin menulis sendiri isi pidatonya. Di depan sejarawan kepresidenan Douglas Brinkley dan sejumlah tamu lainnya di Mar-a-Lago, Florida, beberapa waktu lalu, Trump juga sudahmengungkapkanniatnyaitu.

“Dia tidak ingin pidato itu lama. Dia ingin pidatonya pendek. Dia tidak ingin orang berdiri di luar dalam kondisi dingin,” ungkap Douglas Brinkley kemarin. Juru bicara untuk komisi inaugurasi Trump, Boris Epshteyn, menjelaskan pidato Trump akan berbicara tentang menyatukan Amerika dan membawa rakyat Amerikabersama.

“Kita sekarang berada di musim pascakampanye, pascapolitik, dan pesan itu ada dalam inaugurasi ini,” urainya. Dia memperkirakan pidato Trump akan mendapat respons positif dari rakyat Amerika. “Pidato yang hebat yang berbicara kepada rakyat Amerika tentang mimpi besar, tentang menegaskan bahwa kita berada di satu kota di satu bukit sekali lagi,” papar Epshteyn.

Selama ini para presiden AS biasa memberikan pidato yang sebagian atau seluruhnya dikerjakan tim penulis pidato atau penasihat kepresidenan. Meski demikian para presiden umumnya menulis sendiri pidato inaugurasinya, mulai dari George Washington hingga Woodrow Wilson.

Tradisi itu kemudian berakhir saat pidato inaugurasi Warren G Harding pada 1921 mendapat banyak ulasan pedas. Besok ratusan ribu orang diperkirakan memenuhi Washington untuk menyaksikanTrump mengucapkan sumpah sebagai presiden AS ke-45. Seluruh mata akan berada di Gedung US Capitol saat Trump secara resmi menggantikan Presiden AS Barack Obama di Gedung Putih.

Seusai dengan aturan konstitusi, Trump akan disumpah di dalam Kantor Ketua Mahkamah Agung pada siang hari. Pengucapan sumpah itu merupakan bagian dari upacara yang menandai transisi kekuasaan secara damaiditanggadepanGedungUS Capitol. Upacara itu kemudian diikuti parade di Pennsylvania Avenue dan perayaan dalam serangkaian acara inaugurasi.

Sementara itu mantan Presiden AS George HW Bush dirawat di Unit Gawat Darurat (ICU) Houston Methodist Hospital, Houston, karena mengalami infeksi saluran pernapasan. IstrinyaBarbaraBush jugatelahdirawat dirumahsakit. Mantan presiden AS itu telah dibawa ke rumah sakit pada Sabtu lalu (14/1), kemudian dipindah ke ICU karena mengalami masalah pernapasan akut.

“Para dokter telah melakukan prosedur untuk melindungi dan membersihkan saluran pernapasannya,” ungkap pernyataan kantor Bush seperti dikutip AFP. Bush yang menjadi presiden sejak 1989 hingga 1993 merupakan mantan presiden tertua yang masih hidup dan menggunakan kursi roda.

Pada 10 Januari lalu dia menulis surat kepada Trump yang isinya menyesal bahwa dia dan istrinya tak dapat hadir dalam acara inaugurasi presiden di Washington, besok. “Dokter saya mengatakan jika saya duduk di luar pada Januari, itu akan membuat saya enam kaki di bawah.

Sama dengan Barbara. Jadi saya kira kami tetap di Texas. Tapi kami akan bersama Anda dan negara ini dalam semangat,” tulis Bush dalam suratnya untuk Trump. Bush merupakan ayah dari mantanpresidenGeorgeWBush dan mantan Gubernur Florida Jeb Bush yang turut bertarung dalam primary presidency dari Partai Republik.

Tunjuk Menkeu dan Menteri Energi

Menjelang pelantikannya, Trump menunjuk Steven Mnuchin untuk menjabat sebagai menteri keuangan (menkeu). Mnuchin merupakan mantan eksekutif Goldman Sachs dan akan menjadi tokoh senior Wall Street pertama yang memimpin Departemen Keuangan AS dalam delapan tahun terakhir.

Mnuchin diperkirakan mendapatkan dukungan kuat dari para senator Partai Republik. Apalagi beberapa pihak memuji pengalamannya dalam bidang bisnis dan investasi. “Mnuchin pilihan efektif untuk memimpin Departemen Keuangan kita.

Membawa ekonomi AS kembali ke jalurnya menjadi prioritas utama pemerintahan baru ini dan pengalamannya di sektor swasta akan membantunya dalam peran baru ini,” ungkap Ketua Komite Keuangan Orrin Hatch seperti dikutip kantor berita Reute1rs.

Anggota Kongres dari Partai Republik akan bekerja sama dengan Mnuchin untuk melaksanakan rencana pemerintahan Trump memangkas pajak bisnis dan mendanai belanja infrastruktur yang meningkat. Sehari menjelang pelantikan, Trump juga memilih Rick Perry sebagai menteri energi.

Perry akan menghadapi berbagai pertanyaan dari senat tentang penciptaan lapangan kerja di bidang industri energi dan meningkatkan keamanan energi AS. Trump saat kampanye berjanji meningkatkan produksi minyak, gas, dan batu bara. Akibat kekuatan pasar, sektor batu bara melemah di era pemerintahan Obama karena langkah eksekutif mengurangi dampak perubahan iklim.

Perry merupakan gubernur Texas pada 2000 hingga 2015 atau gubernur terlama di negara bagian produsen minyak. Pengalaman sebagai gubernur Texas diharapkan dapat membantu tugasnya sebagai menteri energi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5582 seconds (0.1#10.140)