Diduga Mata-mata, Iran Tangkap 12 Pejabat Tinggi Dwi Kewarganegaraan

Kamis, 17 November 2016 - 19:51 WIB
Diduga Mata-mata, Iran Tangkap 12 Pejabat Tinggi Dwi Kewarganegaraan
Diduga Mata-mata, Iran Tangkap 12 Pejabat Tinggi Dwi Kewarganegaraan
A A A
TEHERAN - Otoritas keamanan Iran dilaporkan telah menangkap 12 orang pejabat tinggi karena dituding sebagai mata-mata. Ke-12 orang pejabat itu merupakan pemilik kewarganegaraan ganda.
Menurut anggota Parlemen Iran, Ali Haji Degana, beberapa dari 12 orang yang ditangkap merupakan pejabat kunci dalam pemerintah iran. Bahkan, ada beberapa orang yang terlibat dalam negosiasi dalam kesepakatan nuklir.
"Kami menuntut aparat peradilan harus melakukan penyedikan dan putusan secara transparan, dan identitas pejabat juga harus segera diumumkan kepada publik," kata Degana, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (17/11).
Banyak pejabat Iran tinggi seperti Menteri Intelijen Mahmoud Alavi telah membantah kehadiran adanya pemilik warga negara ganda yang menempati jabatan strategis, dan terlibat dalam pembuatan keputusan Iran.
Tetapi di saat yang bersamaan, aparat keamanan Iran menangkap Abdol-Rasool Dorri Esfahani, salah satu negosiator kesepakatan nuklir. Ia ditangkap berdasarkan klaim memiliki kewarganegaraan ganda, dimana keluarganya saat ini tinggal di Kanada.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6458 seconds (0.1#10.140)