Iran: Stabilitas Timur Tengah Bukan di Tangan AS

Rabu, 26 Oktober 2016 - 11:21 WIB
Iran: Stabilitas Timur Tengah Bukan di Tangan AS
Iran: Stabilitas Timur Tengah Bukan di Tangan AS
A A A
SOCHI - Stabilitas di kawasan Timur Tengah bukan berada di tangan Amerika Serikat (AS), atau negara Barat lainnya, melainkan berada di tangan negara-negara di kawasan tersebut. Hal itu disampaikan Duta Besar Iran untuk Rusia, Mehdi Sanaei.
Pernyataan itu disampaikan Sanaei saat menghadiri Klun Diskuasi Valdai yang berlangsung di Sochi, Rusia. Di sana ia menegaskan, yang mengetahui dengan pasti permasalahan di Timur Tengah adalah negara-negara yang berada di kawasan, bukan AS ataupun Eropa.
Selain itu, ia juga mengatakan cara penyelesaian konflik atau masalah yang dianut AS belum tentu sesuai dengan nilai-nilai yang dianut negara di kawasan. Oleh karena itu, menurutnya hanya negara di kawasan yang bisa menyelesaikan masalah-masalah yang ada.
"Stabilitas di kawasan hanya dapat dipastikan oleh para pemain regional, Eropa dan Amerika tidak bisa membuat keputusan di Timur Tengah," kata Sanaei dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (26/10).
"Mustahil untuk mengharapkan rezim liberal-demokratis untuk menetap di Timur Tengah, karena mereka (rezim liberal-demokratis) tidak cocok dengan situasi di wilayah tersebut," tukas diplomat senior Iran tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7270 seconds (0.1#10.140)
pixels