Korut: Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia

Minggu, 21 Agustus 2016 - 15:43 WIB
Korut: Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia
Korut: Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia
A A A
PYONGYANG - Pemerintah Korea Utara (Korut) turut mengucapkan selamat hari kemerdekaan kepada pemerintah Indonesia. Ucapan itu disampaikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Korut, Ri Kil Song saat memberikan sambutan di acara peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang diselenggaraan Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Pyongyang yang berlangsung 18 Agustus lalu.

"Tujuh puluh satu tahun yang lalu, setelah melalui perjuangan panjang dan gigih rakyat Indonesia berhasil mengakhiri dominasi asing dan mencapai kemerdekaannya. Setelah kemerdekaan, rakyat Indonesia berhasil meraih banyak kesuksesan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatannya guna mencapai rekonsiliasi nasional dan keberhasilan pembangunan ekonomi," ujar Kil Song, dalam siaran pers KBRI Pyongyang yang diterima Sindonews pada Minggu (21/8).

Kil Song dalam sambutanya juga memuji upaya pemerintah dan rakyat Indonesia dalam meningkatkan kekuatan nasional dan posisinya di dunia internasional sebagai salah satu negara pendiri Gerakan Nonblok di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Dia dengan tulus berharap Presiden Joko Widodo akan berhasil pada tahun-tahun mendatang guna mencapai tujuan pembangunan Indonesia baru.

Pada bagian akhir sambutannya, Kil Song menyatakan, Korut menghargai tradisi hubungan persahabatan dengan Indonesia yang dibangun oleh pemimpin terdahulu kedua negara. Pemerintah Korea Utara konsisten dengan posisinya yang menilai penting hubungan persahabatan dan kerja samanya dengan Indonesia serta terus memperluas dan mengembangkannya. Begitu pula, ke depan Korea Utara akan melakukan upaya aktif untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama bilateral sesuai dengan tuntutan abad baru dan kehendak rakyat kedua negara.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Pyongyang, Bambang Hiendrasto dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas kehadiran tamu undangan serta atas persahabatannya dengan Indonesia.

Dia menyampaikan, HUT Kemerdekaan RI diperingati di seluruh tanah air dan di luar negeri. Di dalam negeri, berbagai kegiatan diselenggarakan mulai dari yang bersifat resmi kenegaraan hingga pawai, pertandingan olahraga/perlombaan dan kegiatan sosial oleh masyarakat di lingkungannya masing-masing serta obral/diskon khusus di pertokoan/mal sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia kemerdekaan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Disamping itu, Bambang menyinggung hubungan bilateral Indonesia dan Korut, yang fondasinya diletakkan oleh Presiden Soekarno dan Presiden Kim Il Sung 52 tahun lalu, yang hingga kini terpelihara dengan baik. Terkait dengan itu, Bambang menyampaikan apresiasi atas persahabatan, kerja sama, dan dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Korea Utara kepada KBRI Pyongyang dalam rangka melaksanakan tugasnya.

Selain dihadiri Kil Song yang hadir sebagai tamu kehormatan, peringatan itu juga dihadiri oleh pejabat partai, sipil dan militer Korea Utara, korps diplomatik, atase pertahanan/militer, pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa dan organisasi internasional serta keluarga besar KBRI Pyongyang.

Di acara ini, KBRI Pyongyang berkesempatan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dengan menayangkan video kompilasi obyek wisata di Indonesia berjudul Wonderful Indonesia. Tayangan tersebut mendapat apresiasi tamu undangan, dan beberapa diantaranya meminta salinan video tersebut karena berminat untuk berkunjung ke Indonesia.

Sehari sebelumnya, KBRI Pyongyang menyelenggarakan upacara bendera Peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI di halaman depan Wisma Duta, diikuti keluarga besar KBRI dan masyarakat Indonesia serta staf lokal Korut. Bertindak selaku inspektur upacara adalah Duta Besar RI dan sebagai petugas upacara adalah staf KBRI dan pelajar Indonesia yang salah satu diantaranya berkewarganegaran ganda.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3026 seconds (0.1#10.140)