Rusia Diminta Hormati Wilayah Udara Anggota NATO

Minggu, 31 Januari 2016 - 13:13 WIB
Rusia Diminta Hormati Wilayah Udara Anggota NATO
Rusia Diminta Hormati Wilayah Udara Anggota NATO
A A A
BRUSSELS - Rusia harus menghormati kedaulatan negara-negara anggota NATO dengan tidak menerobos wilayah udara mereka. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

Seperti diketahui, Kementerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyatan menuturkan, jet tempur Rusia, yakni Su-34 kembali melakukan pelanggaran wilayah udara mereka. Ini adalah pelanggaran wilayah udara keempat yang dilakukan oleh jet tempur Rusia.

"Kami ingin menegaskan kepada Federasi Rusia untuk tidak melanggar wilayah udara Turki, yang juga wilayah udara NATO. Kami menekankan sekali lagi bahwa konsekuensi yang tidak diinginkan dari perilaku yang tidak bertanggung jawab tersebut akan menimpa Federasi Rusia," kata kementerian itu.

Dalam sebuah pernyataan Stolenberg meminta Rusia untuk bertindak dewasa, dan memastikan bahwa pelanggaran semacam ini tidak terjadi kembali. Selain itu, dirinya juga menyerukan kepada Rusia untuk bisa menahan diri, dan perlahan-lahan menurunkan ketegangan dengan Turki.

"Kami mendesak Rusia untuk bertindak secara bertanggung jawab dan untuk sepenuhnya menghormati wilayah udara NATO, serta memastikan bahwa pelanggaran tersebut tidak terjadi lagi," ucap Stolenberg dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Russia Today pada Minggu (31/1).
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0918 seconds (0.1#10.140)