Citra Satelit Ungkap Lokasi Kuburan Massal di Burundi

Jum'at, 29 Januari 2016 - 21:51 WIB
Citra Satelit Ungkap Lokasi Kuburan Massal di Burundi
Citra Satelit Ungkap Lokasi Kuburan Massal di Burundi
A A A
NAIROBI - Organisasi HAM internasional, Amnesty Internasional (AI) menyatakan, sitra satelit dari sebuah wilayah di pinggiran ibukota Burundi menunjukkan sebuah lokasi kuburan massal. Sedikitnya 50 orang tewas selama kekerasan politik yang terjadi di negara itu pada bulan lalu.

Analisis AI menyatakan, foto dan video tersebut berasal dari daerah Buringa, Bujumbura. Foto dan video tersebut menunjukkan sejumlah gundukan tanah. Menurut saksi, mayat-mayat tersebut diangkut beberapa jam setelah terjadinya aksi kekerasan, seperti dikutip dari New York Times, Jumat (29/1/2016).

"Gambar-gambar ini menunjukkan upaya yang disengaja oleh pemerintah untuk menutupi pembunuhan yang dilakukan oleh pasukan keamanan dan untuk mencegah munculnya sebuah kebenaran," kata Direktur Regional AI, Muthoni Wanyeki.

Laporan ini semakin menambah panjang daftar bukti kekejaman yang dilakukan oleh pemerintah Burundi. Sebelumnya, PBB mengidentifikasi sembilan kuburan massal pada bulan ini. Penyidik mengatakan, terdapat setidaknya 100 mayat dan melaporkan setidaknya 130 orang telah tewas sejak Desember.

Hampir 100 orang tewas pada 11 dan 12 Desember ketika sekelompok orang bersenjata menyerang instalasi militer di sekitar Bujumbura. Pasukan keamanan pun melakukan pembalasan dan menangkapi sejumlah orang di wilayah yang menjadi basis oposisi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6254 seconds (0.1#10.140)