Amankan Kepentingan, Rusia Siap Kerahkan Pasukan ke Crimea

Sabtu, 23 Januari 2016 - 22:13 WIB
Amankan Kepentingan, Rusia Siap Kerahkan Pasukan ke Crimea
Amankan Kepentingan, Rusia Siap Kerahkan Pasukan ke Crimea
A A A
MOSKOW - Rusia berniat untuk membangun pangkalan militer di Crimea, termasuk kemungkinan pengiriman pasukan darat ke wilayah semenanjung itu. Menurut petinggi militer Rusia, saat ini tidak pasukan atau unit angkatan darat Rusia di Crimea.

"Hanya pasukan dan unit Armada Laut Hitam Rusia yang telah dikerahkan ke Semenanjung Crimea," kata Komanandan militer Rusia, Kolonel Jenderal Oleg Salyukov, seperti dilansir dari Sputniknews, Sabtu (23/1/2016).

Salyukov juga menambahkan bahwa jika tugas pasukan darat yang akan dikerahkan ke Crimea telah diatur. Namun untuk saat ini, semua tugas militer dilengkapi dengan pasukan dari Armada Laut Hitam.

Ukraina dan negara-negara Barat terutama Amerika Serikat (AS) tidak pernah mengakui aneksasi Rusia terhadap Crimea. Aneksasi itu terjadi, setelah rakyat Crimea menggelar referendum untuk pisah dari Ukraina pada 2014.

Usai referendum, rakyat Crimea menyatakan diri untuk bergabung dengan Rusia, dan Kremlin membuat peta baru Rusia dengan Crimea termasuk wilayahnya. Pemerintah Crimea sendiri menyatakan, mereka enggan kembali lagi bergabung dengan Ukraina, dan tetap ingin bersama Rusia.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6359 seconds (0.1#10.140)
pixels