Rombak Struktur Militer, China Punya Angkatan Roket

Sabtu, 02 Januari 2016 - 12:22 WIB
Rombak Struktur Militer, China Punya Angkatan Roket
Rombak Struktur Militer, China Punya Angkatan Roket
A A A
BEIJING - China merombak struktur militer sesuai keputusan Presiden Xi Jinping demi mewujudkan impian memiliki tentara yang kuat. Selain merombak struktur militer, China sekarang mempunyai angkatan militer baru bernama “Angkatan Roket”.

Pemerintah China sejak November lalu sudah bersiap untuk melakukan reformasi besar-besaran dalam struktur militernya. Langkah reformasi itu juga untuk meningkatkan kontrol Partai Komunis yang berkuasa atas Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Perombakan itu diumumkan hari Jumat dengan kejutan pembentukan “Angkatan Roket” yang bertugas mengawasi unit rudal strategis China.“Selain Angkatan Roket, PLA juga meluncurkan perintah bagi jenderal militer untuk melayani markas pasukan darat dan dukungan untuk sebuah unit guna membantu pasukan tempur,” demikian laporan kantor berita Xinhua, Sabtu (2/1/2016)mengutip keputusan PLA.

Perombakan struktur militer dilakukan China yang telah bertindak lebih agresif dalam sengketa teritorial di Laut China Selatan dan Laut China Timur. Pengumuman itu juga muncul sehari setelah Beijing mengumumkan bahwa mereka sedang membangun kapal induk kedua.

Kapal induk pertama yang dimiliki China adalah Liaoning, sebuah kapal bekas Soviet yang dibangun lebih dari 25 tahun yang lalu. Kapal induk Liaoningditugaskan oleh militer China pada tahun 2012.

Pada saat yang sama, Presiden Xi, yang merupakan pemimpin Partai Komunis dan juga berfungsi sebagai kepala militer, berencana untuk memangkas jumlah pasukan China secara besar-besaran demi efisiensi.

Komisi Militer Pusat China, yang dipimpin Presiden Xi, pada Jumat juga merilis pedoman untuk membantu membangun visi negara atas militer modern sebelum 2020.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4527 seconds (0.1#10.140)