Rusia Sebar Sistem Rudal S-400 di Arktik

Selasa, 08 Desember 2015 - 21:29 WIB
Rusia Sebar Sistem Rudal S-400 di Arktik
Rusia Sebar Sistem Rudal S-400 di Arktik
A A A
MOSKOW - Seorang sumber di Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia mengatakan, Kremlin telah menempatkan dua resimen sistem rudal termutakhir mereka, S-400, di wilayah Arktik.

Sumber itu mengatakan, sistem rudal itu telah dikerahkan ke kepulauan Novaya Zemlya dan ke pelabuhan Yakutian di Tiksi yang berada di Samudra Arktik. Kremlin juga menempatkan rudal jarak pendek Pantsir S-1 sebuah sistem pertahanan udara mobile dilengkapi dengan pelucur rudal Igla-S dan meriam Djigit laras ganda 30mm.

"Sepanjang tahun lalu, dua resimen S-400 telah dikerahkan di kepulauan Novaya Zemlya dan di kota Yakutian di Tiksi," kata sumber tadi, seperti dikutip dari laman Russia Today, Selasa (8/12/2015).

Selain itu, khusus pangkalan militer Novaya Zemlya juga diperkuat dengan rudal pertahanan pantai Bastion-P dan dipersenjatai dengan rudal penjelajah anti kapal P-800 Yakhont. "Sistem ini berstatus waspada selama 24 jam," kata sang sumber.

Ia juga menekankan, ada banyak instalasi militer lainnya di Arktik yang dipersenjatai dengan rudal, sistem pertahanan udara dan artileri. "Dari Semenanjung Cola dan Novaya Zemlya di Barat ke Andyr dan Mys Shmidta di Timur," tukasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rusia telah selesai membangun dan melengkapi enam pangkalan militer barunya di seluruh Arktik. Enam pangkalan militer itu akan memudahkan kehadiran pasukan Rusia dalam jumlah besar sejak Perang Dingin di wilayah yang dikenal sebagai Kutub Utara itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4709 seconds (0.1#10.140)