Di Tengah Perang, 23 TKW Berhasil Dipulangkan dari Suriah

Jum'at, 06 November 2015 - 16:22 WIB
Di Tengah Perang, 23 TKW Berhasil Dipulangkan dari Suriah
Di Tengah Perang, 23 TKW Berhasil Dipulangkan dari Suriah
A A A
DAMASKUS - Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Damaskus, Suriah berhasil memulangkan 23 Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang berada di negara tersebut. Pemulangan ini berlangsung di tengah semakin sengitnya pertemuran di Suriah.

"Para TKW yang dipulangkan tersebut telah berhasil diperjuangkan dan diselesaikan segala permasalahan dan hak-haknya dengan majikan. Sebagian besar repatrian berasal dari Jawa Barat, yakni 15 orang dan Banten, dengan lima orang," bunyi keterangan KBRI Damaskus yang diterima Sindonews pada Jumat (6/11).

Menurut keterangan KBRI Damaskus, dengan dipulangkannya 23 orang TKW ini sampai saat ini sudah 12.871 WNI direpatriasi dari Suriah dalam 266 gelombang sejak perang saudara berkecamuk di Suriah tahun 2011.

Sementara di penampungan sementara Damaskus masih terdapat 42 TKW lagi yang masih sedang diperjuangkan hak-haknya, dan masih terus berdatangan ke shelter KBRI Damaskus.

Duta Besar RI di Damaskus, Djoko Harjanto mengatakan, proses repatriasi WNI masih akan terus dilakukan, walaupun medan yang dilakukan untuk menjemput para WNI dari seluruh wilayah di Suriah semakin sulit.

"Program repatriasi WNI dari Suriah belum selesai dan KBRI Damaskus masih terus mengupayakan repatriasi WNI dari berbagai wilayah di Suriah," ucap Djoko.

Sementara itu, Pejabat Protokol Konsuler sekaligus Pejabat Penerangan Sosial Budaya KBRI Damaskus, AM Sidqi menambahkan bahwa program repatriasi Suriah sudah memasuki tahun kelima, tetapi masih menghadapi masalah rutin. Sehingga diperlukan penanganan yang lebih serius dan pembicaraan tingkat tinggi antara Indonesia dan Suriah.

"Maka dari itu, kami juga mengharapkan dukungan pemerintah daerah pada isu human trafficking ini, karena di daerah merupakan pintu pertama perdagangan manusia untuk dikirim ke negara konflik, seperti Suriah," ujar Sidqi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2965 seconds (0.1#10.140)
pixels