Poroshenko: Serangan Rusia di Suriah Rusak Tatanan Keamanan Global

Sabtu, 10 Oktober 2015 - 00:02 WIB
Poroshenko: Serangan...
Poroshenko: Serangan Rusia di Suriah Rusak Tatanan Keamanan Global
A A A
KIEV - Presiden Ukraina, Petro Poroshenko menyatakan, tindakan militer Rusia yang menggempur basis ISIS di Suriah adalah tindakan yang merusak tatanan keamanan global.

Dalam wawancara dengan BBC, seperti dilansir dari Sputnik, Jumat (9/10), Poroshenko menuding Presiden Rusia Vladimir Putin bertekad menciptakan kekacauan global. "Ini disebabkan masalah ekonomi dan hilangnya dukungan di negerinya sendiri," ucap Poroshenko.

Dalam wawancara itu, Poroshenko juga membandingkan operasi jet-jet tempur Rusia di Suriah dengan situasi di Donbass. “15 bulan yang lalu ada tentara Rusia di Donbass,” jelasnya. Namun, Poroshenko tidak memberikan bukti kehadiran Angkatan Bersenjata Federasi Rusia di wilayah Ukraina.

Kiev telah berulang kali menyatakan, Rusia memasok milisi bersenjata Donbass dan militer Rusia telah hadir di wilayah tersebut. Namun, Moskow membantah tuduhan itu dan menyebut konfik di Donbass adalah konflik internal Ukraina.

Sementara itu, hingga kini, serangan udara Rusia diyakini telah menghancurkan 40 persen infrastruktur teroris. Sejak 30 September, atas permintaan Presiden Suriah Bashar al-Assad, Rusia telah melakukan serangan udara ke basis ISIS di Suriah.

Dalam melancarkan serangan udara, Rusia mengerahkan pembom garis depan Su-25, Su-24M, Su-34, dan Su-30 CM. Selain itu, Rusia juga mengerahkan kapal perang yang ditempatkan di Laut Persia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0262 seconds (0.1#10.140)