Situs Lembaga Keamanan Inggris Dibobol Hacker

Selasa, 01 September 2015 - 18:31 WIB
Situs Lembaga Keamanan Inggris Dibobol Hacker
Situs Lembaga Keamanan Inggris Dibobol Hacker
A A A
LONDON - Kelompok hacker, Lizard Squad, mengaku telah membobol situs milik Badan Kejahatan Nasional (NCA) Inggris, sebuah badan yang tugasnya mirip dengan FBI di Amerika Serikat, dan membuatnya down. Serangan ini diyakini sebagai aksi balas dendam.

Lizard Squad mengaku telah berhasil mengambil alih situs milik NCA dan membuatnya menjadi offline. Serangan ini merupakan balasan atas tindakan NCA menangkap sejumlah orang terkait dengan serangan cyber sebelumnya, seperti dikutip dari The Telegraph, Selasa (1/9/2015).

Pernyataan Lizard Squad ini diposting dalam akun twitter mereka yang menunjukkan gambar seekor kadal sedang berada di atas topi dan lensa kacamata dengan logo resmi NCA diatasnya dengan sebuah tulisan; Stressed out.

Terkait hal ini, pihak NCA mengatakan bahwa situs NCA dibuat down dengan cara DDOS atau Distributed Denial Of Service yang tidak akan menimbulkan kerusakan secara permanen.

Seorang juru bicara NCA mengatakan bahwa situs badan tersebut adalah target yang menarik untuk dibobol. Dan serangan yang baru saja terjadi adalah sebuah fakta. Serangan DDOS hanya sebuah serangan tumpul karena hanya mengambil volume situs.

"Ini bukan sebuah pelanggaran keamanan dan tidak memengaruhi operasional kami. Yang terburuk hanya menimbulkan ketidaknyamanan sementara untuk pengguna website kami," bunyi pernyataan NCA.

Serangan ini terjadi empat hari setelah NCA membebaskan enam remaja yang sebelumnya ditahan dengan tuduhan menggunakan alat Lizard Stresser. Alat yang diproduksi oleh Lizard Squad itu berguna untuk memborbardir sebuah situs dengan cara membuat situs terlihat sibuk karena banyak pengunjung, sehingga tidak bisa dikunjungi.

Penangkapan ini merupakan bagian dari operasi nama sandi Vivarium dan dikoordinasikan oleh NCA dan melibatkan petugas dari beberapa pasukan polisi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7173 seconds (0.1#10.140)