JK: Nasionalisme Tak Bisa Dinilai dari Selembar Kertas

Rabu, 12 Agustus 2015 - 16:48 WIB
JK: Nasionalisme Tak...
JK: Nasionalisme Tak Bisa Dinilai dari Selembar Kertas
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla mengatakan, nasionalisme tidak hanya bisa diukur oleh selembar kertas, atau paspor. Menurutnya, besar atau kecilnya nasionalisme kembali lagi kepada pribadi masing-masing.

Dirinya menuturkan, belum tentu orang yang lahir dan besar di Indonesia memiliki nasionalisme yang lebih tinggi, dibandingkan dengan warga keturnan Indonesia yang lahir, besar, dan mungkin belum pernah menyentuh Indonesia.

“Pada jaman sekarang, masalah nasionalisme tidak bergantung pada selembar kertas. Bukan berarti kita yang berpaspor Indonesia lebih nasionalis dengan yang berpaspor negara lain,” kata JK –sapaan akrab Jusuf Kalla- dalam sambutannya kala membuka kongres diaspora Indonesia ketiga pada Rabu (12/8/2015).

Di kesempatan yang sama, secara tersirat JK juga mengutarakan dukungan agar pemerintah Indonesia segera segera membolehkan warga keturunan Indonesia di luar negeri untuk memilki dwi kewarganegaraan. Dalam pandangannya hal ini bisa membawa banyak keuntungan bagi Indonesia, salah satunya adalah jaringan yang luas di luar negeri.

Pemberlakuan dwi kewarganegaraan tanpa batas memang menjadi salah satu pembahasan utama kongres diaspora tersebut. Ini terlihat dalam pernyataan Ketua Diaspora Indonesia, Edward Wanandi, yang sedang berusaha keras untuk diadakannya revisi Undang-undang Nomor 12 tahun 2006 tentang kewarganegaraan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)