Negara Teluk Kecam Pernyataan Khamenei

Selasa, 21 Juli 2015 - 20:38 WIB
Negara Teluk Kecam Pernyataan Khamenei
Negara Teluk Kecam Pernyataan Khamenei
A A A
RIYADH - Pernyatan pemimpin tertinggi spiritual Iran Ayatollah Ali Khameni seputar hubungan Iran dan Amerika Serikat (AS) terus mendapat respon negatif. Setelah sebelumnya Menteri Luar Negeri AS John Kerry menyebut hal ini sebagai sesuatu yang menggangu, tanggapan serupa juga diutarakan oleh Sekretaris Jenderal Dewan Kerjasama Teluk (GCC), Abdel Latif al-Zayani.

Zayani menganggap pernyataan Khamenei tersebut tidak membantu apapun, justru akan memperburuk hubungan. Bukan hanya antara Iran dan AS, melainkan juga antara Iran dan negara-negara lain di kawasan Timur Tengah.

"Pernyataan Khamenei tidak membantu membangun kepercayaan yang akan meningkatkan hubungan kerja sama berdasarkan prinsip-prinsip bertetangga yang baik dan non-intervensi dalam urusan internal negara lain," kata Zayani, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (21/7/2015).

"Pernyataan itu juga merupakan gangguan yang tidak dapat diterima, yang melawan konvensi internasional. Semua negara GCC akan terus melindungi kepentingan mereka sendiri dan bahwa mereka akan mempertahankan posisi mereka untuk memastikan stabilitas dan keamanan di kawasan," sambungnya.

Selain itu, dirinya juga melihat adanya kontradiksi antara dua pemimpin di Iran, yakni antara Khamenei dan Presiden Iran Hassan Rouhani. Karena, sebelumnya Rouhani menegaskan bawah melalui kesepakatan nuklir, Iran akan memperbaiki hubungan baik dengan negara-negara tetangga mereka.

Pernyataan Rouhani tersebut terlontar ketika dirinya melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon dengan beberapa pemimpin negara Teluk, salah satu diantaranya adalah Qatar.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5053 seconds (0.1#10.140)