Din Syamsudin: Nilai Islam Tertanam Kuat di Jepang

Selasa, 30 Juni 2015 - 23:30 WIB
Din Syamsudin: Nilai Islam Tertanam Kuat di Jepang
Din Syamsudin: Nilai Islam Tertanam Kuat di Jepang
A A A
JAKARTA - Meski bukan negara dengan populasi Muslim yang besar, menurut Ketua Umum PP Muhamadiya Din Syamsudin, Jepang sudah mengamalkan ajaran Islam. Menurut Din, Islam Sudah tertuang dalam keseharian warga Jepang.

Din mengaku mendapati hal tersebut dari cerita-cerita pemimpin pesantren yang pernah mendapat beasiswa singkat di Jepang. "Mereka bilang di Jepang, mereka melihat Islam, sedangkan di Indonesia mereka hanya melihat orang Islam," kata Din pada Selasa (30/6/2015).

"Kerena kedisplinan, kebersihan, kerja keras, dan keuletan. Jadi ada kebersihan, keuletan, kejujuran, dan lain-lain, yang semuanya adalah nilai-nilai Islam," sambungnya kala ditemui di rumah dinas Duta Besar Jepang untuk Indonesia di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta.

Sementara itu, terkait beasiswa singkat untuk ulama, dan pemuda Muslim Indonesia, Jepang adalah negara non-Muslim pertama yang membuat program semacam itu. Din mengatakan, program seperti itu sudah dibuat pemerintah Jepang sejak medio 90-an.

Dirinya bahkan berharap, Pemerintah Jepang meningkatkan, bukan hanya jumlah perserta, tapi juga lama waktu belajar para pelajar Islam tersebut.

Menurutnya, program ini bukan hanya berguna bagi Indonesia, tapi juga untuk Jepang. Sebab, Jepang dapat mengenai Islam lebih jauh lagi, sehingga rasa saling pengertian antara umat beragama di Jepang terus meningkat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6117 seconds (0.1#10.140)