AS Bantah Tewaskan Wakil Bos ISIS

Kamis, 14 Mei 2015 - 11:17 WIB
AS Bantah Tewaskan Wakil Bos ISIS
AS Bantah Tewaskan Wakil Bos ISIS
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) membantah serangan yang dilancarkan pasukan mereka telah menewaskan Abu al-Afri, yang tidak lain adalah wakil bos ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi.

AS memang mengakui, mereka telah melakukan serangan ke wilayah Irak utara dan perbatasan Suriah, semalam. Namun, seperti dilansir Al Jazeera pada Kamis (14/5/2015), mereka belum mendapatkan laporan resmi bahwa serangan itu telah menewaskan al-Afri.

Sebelum adanya laporan resmi tersebut, AS enggan berspekulasi apapun mengenai siapa saja yang tewas dalam serangan itu, terlebih bila berspekulasi mengenai kematian al-Afri. Spekulasi, lanjut pihak AS, bisa menimbulkan aksi balas dendam dari ISIS.

Kabar mengenai tewasnya al-Afri sendir sejatinya dilontarakan langsung oleh pihak Kementerian Pertahanan Irak. Dalam sebuah pernyataan, mereka mengatakan telah mendapatkan info dari sumber terpecaya bahwa al-Afri turut menjadi korban tewas saat militer AS membombardi kota Tal Afar.

"Berdasarkan laporan intelijen yang akurat, koalisi pimpinan AS melakukan serangan terhadap orang kedua di Daesh (sebutan yang merendahkan ISIS dalam bahasa Arab), Abu al-Afri," kata kementerian tersebut.

Sementara itu, ISIS sendiri sampai saat ini belum memberikan komentar apapun mengenai laporan itu. Al-Afri, yang merupakan mantan anggota militer Irak sekaligus guru fisika, adalah sosok yang digadang-gadang akan menjadi suksesor al-Baghdadi.

Dia adalah satu dari tiga kandidat utama yang dinominasikan untuk menjadi pengganti sementara Baghdadi, yang saat ini tengah mengalami cidera serius setelah terkena serangan AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5494 seconds (0.1#10.140)