Pengamat Ragukan Klaim ISIS Soal Insiden Texas

Rabu, 06 Mei 2015 - 12:41 WIB
Pengamat Ragukan Klaim ISIS Soal Insiden Texas
Pengamat Ragukan Klaim ISIS Soal Insiden Texas
A A A
TEXAS - Beberapa pengamat meragukan klaim yang dibuat ISIS, yang sempat mengaku bertanggung jawab atas insiden serangan berdarah di lomba menggambar kartun Nabi Muhammad di Texas, Amerika Serikat (AS). Menurut mereka, ISIS hanya mengaku-ngaku untuk mencari nama.

Michael McCaul, ketua House Homeland Security Committee seperti dilansir al-Arabiya pada Rabu (6/5/2015), mengatakan para pelaku bukanlah pengikut ISIS. Kedua pelaku yang diketahui bernama Elton Simpson dan Nadir Soofi menurut McCaul adalah para simpatisan al-Qaeda.

Bukti keduanya adalah simpatisan al-Qaeda, lanjut McCaul terlihat dari beberapa gambar yang diunggah keduanya di Twiiter. Keduanya diketahui kerap memasang gambar Anwar al-Awlaki, seorang tokoh a-Qaeda kelahiran Amerika Serikat (AS) yang tewas oleh serangan drone di Yaman.

"Bukti-bukti yang ada tidak menunjukan bahwa keduanya telah mendapat arahan dari ISIS untuk melakukan serangan tersebut. Bukti justru menunjukan keduanya melakukan serangan karena terinspirasi tokoh al-Qaeda," kata McCaul.

Terkait klaim ISIS, dirinya menyatakan, ISIS memiliki sejarah menegaskan keterlibatan dalam serangan di mana mereka tidak memiliki peran operasional.

Sementara itu, insiden penyerangan di Texas menurut Sekretaris Pers Gedung Putih Josh Earnest membuat pihaknya bekerja sangat keras melawan upaya teroris yang menggunakan media sosial untuk meradikalisasi individu di AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3335 seconds (0.1#10.140)