Carter: Selama Netanyahu Jadi PM, Palestina Tak Akan Merdeka

Senin, 04 Mei 2015 - 22:21 WIB
Carter: Selama Netanyahu Jadi PM, Palestina Tak Akan Merdeka
Carter: Selama Netanyahu Jadi PM, Palestina Tak Akan Merdeka
A A A
WASHINGTON - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Jimmy Carter yakin, selama Benjamin Netanyahu menjabat sebagai Perdana Menteri Israel, Palestina tidak akan mendapatkan kemerdekaannya. Carter menyatakan, Netanyahu berpadangan bahwa mengakui Palestina bukanlah sebuah solusi yang baik.

“Netanyahu tidak akan pernah percaya jika pengakuan (kemerdekaan) Palestina menjadi solusi perdamaian di Timur Tengah,” kata Carter dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir IB Times pada Senin (4/5/2015).

Carter juga menilai, perundingan damai yang selama ini dilakukan oleh Israel dan Palestina hanyalah sebuah kesia-siaan. Dirinya menuturkan, perundingan itu tidak akan membuahkan hasil jika Netanyahu tidak menurunkan egonya.

“Saya merasa pesimis dengan proses perdamaian di Timur Tengah selama Netanyahu menjabat sebagai PM Israel,” sambungnya. Carter berpandangan, Netanyahu adalah sosok yang sangat keras kepala.

Netanyahu memang secara terang-terangan telah menyatakan tidak akan pernah mengakui Palestina. Menurutnya, mengakui Palestina sama saja dengan mengakui Hamas, yang merupakan rival terbesar Israel.

"Saya berpikir, siapa pun yang bergerak untuk mendirikan negara Palestina sama saja dengan memberikan kesempatan kepada kelompok radikal untuk menyerang Israel," ujar Netanyahu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4290 seconds (0.1#10.140)