Paus Fransiskus Dukung Kesepakatan Nuklir Iran

Senin, 06 April 2015 - 14:01 WIB
Paus Fransiskus Dukung Kesepakatan Nuklir Iran
Paus Fransiskus Dukung Kesepakatan Nuklir Iran
A A A
VATIKAN - Pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus (Francis) mendukung kesepakatan awal nuklir Teheran antara Iran dan enam negara kekuatan dunia. Dukungan Paus Francis itu muncul dalam pesan Paskah di Santo Petrus, Basilika, Vatikan hari Minggu kemarin.

Kesepakatan awal nuklir Teheran antara Iran dan enam negara kekuatan dunia (Amerika Serikat, China, Rusia, Prancis, Inggris dan Jerman) tercapai di Lausanne, Swiss, pekan lalu.

”Dengan harapan kita mempercayakan kepada belas kasihan Tuhan bahwa kerangka kerja baru-baru ini disepakati di Lausanne, bahwa ini mungkin menjadi langkah definitif menuju dunia yang lebih aman dan bersaudara,” kata Paus di hadapan banyak pengikutnya yang berkumpul, meski diguyur hujan.

Dalam pidatonya, Paus Francis juga mengutuk kekerasan baru-baru ini di Kenya, Irak dan Suriah. ”Berkat Tuhan yang telah bangkit, kami meminta rahmat untuk tidak menyerah pada kekerasan dan perang, tetapi memiliki keberanian untuk rendah hati dalam memohon pengampunan dan perdamaian," katanya.

”Kami memohon Yesus untuk meringankan penderitaan banyak saudara-saudara kita yang dianiaya karena nama-Nya, dan semua orang yang menderita atas ketidakadilan sebagai akibat dari konflik dan kekerasan yang sedang berlangsung,” imbuh Paus, seperti dilansir Bloomberg, Senin (6/4/2015).

Sikap Paus itu kontra dengan sikap Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu yang ingin menggagalkan kesepakatan nuklir Iran. Netanyahu terang-terangan menyebut Iran sebagai negara teroris. (Baca: Takut Israel Dimusnahkan Iran, Netanyahu: "Bunuh" Kesepakatan Nuklir!)

”Saya pikir untuk negara teroris terkemuka, mudah untuk (memperoleh) senjata nuklir yang membahayakan Israel, membahayakan kawasan (Timur Tengah), membahayakan dunia, dan membahayakan semua orang, dengarkanlah saya sekarang,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4360 seconds (0.1#10.140)