Bantu Evakuasi WNI, Saudi Bantah Blokir Bantuan ke Yaman

Minggu, 05 April 2015 - 09:31 WIB
Bantu Evakuasi WNI, Saudi Bantah Blokir Bantuan ke Yaman
Bantu Evakuasi WNI, Saudi Bantah Blokir Bantuan ke Yaman
A A A
RIYADH - Arab Saudi dan koalisi Teluk yang menggempur milisi Houthi di Yaman membantah telah memblokir bantuan kemanusiaan dan menghambat evakuasi warga asing dari Yaman. Mereka justru mengklaim membentuk komite untuk evakuasi yang salah satunya membantu evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Yaman.

Juru bicara koalisi Teluk, Brigadir Jenderal Ahmed Asseri, mengatakan, komite untuk evakuasi dan operasi kemanusiaan telah dibentuk dengan hotline (009661-4736140). Tujuannya untuk membuat koordinasi yang lebih baik. (Baca juga: Diminta Gencatan Senjata, Saudi Terus Bombardir Yaman)

Menurut Asseri, sejumlah besar warga negara asing dari Pakistan, Rusia, India, Aljazair dan Indonesia telah diselamatkan dan dipulangkan untuk tahap pertama. ”Sebagai bagian dari tahap kedua, jadwal telah disiapkan untuk menyelamatkan warga negara asing dan pekerja bantuan dari UNICEF dan Palang Merah,” ujarnya, seperti dilansir Arab News, Minggu (5/4/2015).

Untuk evakuasi lebih lanjut, kata dia, telah dilakukan oleh PBB, Uni Eropa, Pakistan, Yordania dan Irak. Sedangkan untuk penyaluran bantuan kemanusiaan, koalisi Teluk juga mengklaim sudah berkoordinasi dengan Palang Merah.

Asseri mengatakan, misi bantuan Palang Merah ke Yaman akan dimulai pada hari Minggu dengan dua pesawat yang berisi bantuan kemanusiaan. Namun, ia menegaskan bahwa semua bantuan dan proses evakuasi harus dikoordinasikan dengan koalisi Teluk. ”Kami ingin bantuan kemanusiaan mencapai warga sipil, bukan milisi (Houthi)," katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4676 seconds (0.1#10.140)