500 Orang Tewas Akibat Konflik di Yaman

Jum'at, 03 April 2015 - 16:35 WIB
500 Orang Tewas Akibat Konflik di Yaman
500 Orang Tewas Akibat Konflik di Yaman
A A A
JENEWA - Dua minggu sudah konflik terjadi di Yaman, yang berujung pada serangan udara yang dilakukan oleh koalisi Teluk terhadap negara tersebut. Menurut data PBB, setidaknya 500 orang tewas akibat pertempuran antara pemberontak Houthi dengan pemerintah Yaman, dan koalisi Teluk.

Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Kemanusiaan, Valerie Amos dalam sebuah pernyataan mengatakan, mayoritas dari mereka yang tewas bukanlah pemberontak, melainkan warga sipil, termasuk anak-anak dan wanita. Selain itu, 1.700 orang turut menjadi korban luka akibat konflik di Yaman.

"Lebih dari 90 orang anak tewas akibat konflik yang terjadi di Yaman. Kami juga mendapati laporan bahwa banyak anak-anak muda yang direkrut oleh milisi setempat," bunyi pernyataan Amos.

Puluhan ribu orang, lanjut Amos, meninggalkan rumah dan menyeberang ke Djibouti dan Somalia untuk mencari perlindungan. Seperti dilansir Russia Today pada Kamis (3/4/2015), PBB juga turut bekerja sama dengan Bulan Sabit Merah Yaman untuk membantu warga sipil yang menjadi korban.

Sementara itu, Amos mendesak kepada seluruh kelompok yang bertikai untuk tidak menyerang tempat-tempat yang penuh akan warga sipil, seperti rumah sakit, dan sekolah.

"Mereka yang terlibat dalam pertempuran harus memastikan bahwa rumah sakit, sekolah, kamp-kamp untuk pengungsi dan infrastruktur warga sipil, terutama di daerah-daerah berpenduduk, tidak ditargetkan atau digunakan untuk tujuan militer," tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3734 seconds (0.1#10.140)