Kepala Liga Arab: Yaman di Ambang Kehancuran

Senin, 30 Maret 2015 - 15:06 WIB
Kepala Liga Arab: Yaman di Ambang Kehancuran
Kepala Liga Arab: Yaman di Ambang Kehancuran
A A A
ADEN - Perang saudara antara kelompok milisi Houthi dan pasukan loyalis Presiden Yaman, Mansour Hadi di wilayah pantai Aden, Yaman, turut mewarnai agresi Arab Saudi dan koalisi Teluk yang memasuki hari kelima, Senin (30/3/2015). Liga Arab menyebut, kondisi Yaman sudah di ambang kehancuran.

Kepala Liga Arab, Nabil el-Araby, mengatakan serangan udara koalisi Teluk yang dipimpin Saudi akan terus berlanjut sampai milisi Houthi meletakkan senjatanya.

”Yaman berada di ambang kehancuran, itu yang mendorong reaksi dari negara-negara Arab dan masyarakat internasional,” kata Araby.”(Serangan udara) datang setelah semua cara untuk mencapai solusi damai sangat melelahkan,” imbuh dia. (Baca juga: Saudi dan 9 Negara Takkan Berhenti Bombardir Yaman)

Perang saudara di Yaman dilaporkan pecah di Distrik Dar Saad, Aden, sejak Minggu kemarin. Pasukan loyalis Presiden Hadi kepada Al Jazeera, mengklaim bahwa mereak berhasil merebut kembali bandara utama di Aden yang sebelumnya dikuasai milisi Houthi.

Hampir 100 orang dilaporkan telah tewas dalam kekerasan di Aden selama beberapa hari terakhir. Perang sengit juga dilaporkan terjadi di Provinsi Shabwa, di mana para milisi suku di Beihan mengklaim telah menewaskan 40 milisi Houthi.

Sementara itu, Duta Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat, Adel al-Jubeir, mengatakan, Saudi belum berencana mengerahkan pasukan darat di Yaman.

”Saya tidak tahu bahwa ada rencana mengirim (pasukan darat) ke Yaman tapi kami tidak mengesampingkan apa pun,” ujar Jubeir seperti dilansir Reuters. ” Sekarang ini, tujuan agresi telah dicapai melalui serangan udara.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4654 seconds (0.1#10.140)