Agresi Hari Ke-5, Jet Tempur Saudi Terus Gempur Sanaa

Senin, 30 Maret 2015 - 14:38 WIB
Agresi Hari Ke-5, Jet Tempur Saudi Terus Gempur Sanaa
Agresi Hari Ke-5, Jet Tempur Saudi Terus Gempur Sanaa
A A A
SANAA - Agresi Arab Saudi dan koalisi Teluk di Yaman untuk memerangi milisi Houthi telah memasuki hari kelima, Senin (30/3/2015). Pesawat-pesawat jet tempur Saudi dan koalisi Teluk terus membombardir Ibu Kota Sanaa yang dikuasai milisi Houthi.

Warga di Sanaa mengatakan, serangan pesawat-pesawat jet tempur koalisi menghantam wilayah di dekat Istana Presiden Yaman. Istana itu telah ditinggalkan Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi sejak diserang dan dikuasai milisi Houthi.

”Itu adalah malam dari neraka,” kata seorang diplomat Yaman kepada Reuters, menggambarkan situasi Ibu Kota Sanaa, sejak diserang koalisi Teluk secara bertubi-tubi. Selain area dekat Istana Presiden Yaman, gudang senjata di dekat gunung Nugum juga jadi target serangan.

Departemen Kesehatan Yaman yang dikendalikan oleh kelompok Houthi, mengatakan, serangan koalisi Teluk sejak Sabtu hingga Minggu telah menewaskan 35 orang dan melukai 88 orang lainnya. Namun, data itu belum bisa diverifikasi secara independen.

Koran yang berbasis di Aden, al-Ghad, menerbitkan sejumlah gambar di mana tank dan kendaraan militer lapis baja lainnya hancur akibat pertempuran terkini.

Arab Saudi dan sembilan negara Teluk telah menegaskan, bahwa agresi di Yaman tidak akan berhenti sampai presiden sah Yaman, Abed Rabbo Mansour Hadi bisa memerintah Yaman kembali. (Baca juga: Saudi dan 9 Negara Takkan Berhenti Bombardir Yaman)

“Kami akan mengatur kondisi yang diperlukan untuk memungkinkan presiden (Mansour Hadi) dan pemerintah Yaman untuk menjalankan (pemerintahan) negara,” kata juru bicara koalisi Teluk, Brigadir Jenderal Ahmed Asseri.

”Kami akan terus menyerang milisi (Houthi), kami akan menjaga mereka di bawah tekanan, sampai kondisi menjadi sangat menguntungkan bagi tentara (Yaman) untuk mengambil alih (kekuasaan),” lanjut dia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3338 seconds (0.1#10.140)