Kiev Tuding Pasukan Rusia Masih Beroperasi di Donbas

Selasa, 24 Maret 2015 - 19:38 WIB
Kiev Tuding Pasukan Rusia Masih Beroperasi di Donbas
Kiev Tuding Pasukan Rusia Masih Beroperasi di Donbas
A A A
KIEV - Pemerintah Ukraina kembali menuding pasukan Rusia masih terus beroperasi di wilayah Ukraina timur, khususnya Donbas di masa gencatan senjata. Bukan hanya pasukan, Kiev juga mengklaim masih mendapati alat-alat tempur Rusia di wilayah Ukraina timur.

Juru bicara militer Ukraina, Andriy Lysenko dalam rilis yang diterima Sindonews pada Selasa (24/3/2015) mengatakan, Rusia menggunakan wilayah perbatasan yang dikuasai separatis untuk mengirimkan pasukan dan alat-alat tempur mereka ke Ukraina timur.

“Menurut laporan intelijen, militer Rusia memerintahkan rotasi pasukannya yang ditempatkan di wilayah selatan sejak Desember 2014. Rusia menyebar para tentara bayarannya, begitu pula dengan perlengkapan militer dan amunisi, melalui wilayah yang tidak dikuasai di perbatasan Rusia-Ukraina,” ucap Lysenko.

Sementara itu, Lysenko juga membantah pihaknya telah melakukan pelanggaran gencatan senjata dengan melakukan serangan terhadap basis separatis di Donbass. Dirinya mengatakan, justru separatis lah yang kerap melakukan serangan terhadap pasukan Ukraina di wilayah konflik.

"Militan yang mendapat dukungan dari Rusia menyerang posisi pasukan militer Ukraina dengan menggunakan tank sebanyak lima kali dan sebanyak dua kali dengan menggunakan senjata artileri," imbuhnya.

"Militan juga melepaskan tembakan salvo dengan menggunakan senjata peluncur roket ganda Grad ke arah pasukan Ukraina di desa Orikhove di wilayah Luhansk. Tentara Ukraina berhasil menangkis serangan militer dekat Sokilnyky. Pasukan Pro-Rusia juga menembakkan mortir ke satuan Ukraina dekat Shyrokyne," tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3694 seconds (0.1#10.140)