Ingin Kirim Rudal ke Korsel, AS Diperingatkan Rusia

Selasa, 24 Maret 2015 - 16:10 WIB
Ingin Kirim Rudal ke Korsel, AS Diperingatkan Rusia
Ingin Kirim Rudal ke Korsel, AS Diperingatkan Rusia
A A A
MOSKOW - Pemerintah Rusia pada Selasa (24/3/2015) memperingatkan Amerika Serikat (AS) karena ingin mengirim rudal untuk memperkuat sistem pertahanan Korea Selatan (Korsel). Tindakan AS itu, dianggap Rusia akan mengancam keamanan regional.

Washington menyatakan ingin menyebarkan sistem rudal pertahanan, yang dikenal sebagai THAAD kepada Korsel untuk mencegah provokasi militer Korea Utara (Korut).

”Pembangunan (sistem pertahanan) seperti itu tidak bisa, bahkan justru menimbulkan kekhawatiran akan dampak dari rudal global AS terhadap keamanan internasional,” bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia.

”Di wilayah, di mana situasi sudah sangat rumit dalam hal keamanan, (tindakan) itu bisa menjadi pemicu perlombaan senjata di Asia timur dan lebih rumit untuk meredam nuklir di Semenanjung Korea,” lanjut pernyataan kementerian itu, seperti dilansir Zee News.

Selain Rusia, China juga sudah memperingatkan bahwa penyebaran sistem rudal seperti yang diinginkan AS akan merusak perdamaian dan stabilitas di kawasan itu.

Krisis Korea kembali akan menyeret perseteruan AS dan Rusia, setelah keduanya berseteru di krisis Ukraina. AS telah membela Korsel. Sedangkan Rusia dikenal dekat dengan Korut yang merupakan mantan sekutu Moskow dalam Perang Dingin.

Korsel dan AS telah menggelar latihan perang besar-besaran. Tindakan kedua negara itu telah membuat Korut marah dan mengancam akan menguji coba rudal nuklir.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4232 seconds (0.1#10.140)