Inggris Didesak Siapkan Nuklir untuk Hadapi Rusia

Selasa, 24 Maret 2015 - 09:20 WIB
Inggris Didesak Siapkan Nuklir untuk Hadapi Rusia
Inggris Didesak Siapkan Nuklir untuk Hadapi Rusia
A A A
LONDON - Kubu parlemen mendesak pemerintah Inggris untuk menyiapkan persenjataan nuklir yang sudah lama ditinggalkan setelah Perang Dingin. Hal itu untuk menghadapi ancaman global, termasuk ancaman dari Rusia.

Desakan itu disampaikan parlemen Inggris pada Selasa (24/3/2015). Komite Pertahanan Parlemen Inggris yang mengawasi pengeluaran dan kebijakan Kementerian Pertahanan Inggris menyatakan, kemampuan nuklir, tank, kapal perang dan pesawat tempur diperlukan kembali untuk mencegah serangan Rusia di bawah kepemimpinan Presiden Vladimir Putin.

”Dunia ini lebih berbahaya dan tidak stabil ketimbang setiap waktu sejak akhir Perang Dingin,” bunyi laporan komite itu. Laporan itu mengacu pada tindakan Rusia yang mengankesasi Crimea dari Ukraina, bahaya kelompok ISIS serta bahaya kelompok Boko Haram.

”Tapi asumsi (kemampuan) Pertahanan Inggris saat ini tidak cukup. Inggris harus membangun kembali kapasitas (pertahanan) konvensional yang terkikis sejak Perang Dingin,” lanjut laporan komite itu. Laporan itu juga mempersoalkan anggaran pengeluaran untuk pertahanan Inggris yang dianggap minim.

Kendati demikian, Menteri Pertahanan Inggris, Michael Fallon, membantah lemahnya kemampuan pertahanan Inggris seperti yang disebut dalam laporan komite itu. ”Inggris memiliki anggaran pertahanan terbesar kedua di NATO dan terbesar di Uni Eropa,” kata Fallon.

”Kami adalah mitra terbesar Amerika Serikat (AS) dalam upaya serangan udara koalisi terhadap ISIS,” lanjut Falon, seperti dikutip AFP.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2977 seconds (0.1#10.140)