5 Doa Sebelum Membaca Al-Qur'an, Nomor 4 Latunkan Doa untuk Orang Tua

Selasa, 27 Desember 2022 - 11:05 WIB
loading...
5 Doa Sebelum Membaca Al-Quran, Nomor 4 Latunkan Doa untuk Orang Tua
Sebelum membaca Al-Quran kita dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu, ada beberapa doa yang bisa dilatunkan salah satunya doa ampunan untuk orang tua. Foto ilustrasi/ist
A A A
Membaca Al-Qur'an memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah Allah subhanahu wa ta’ala mengganjar seseorang yang membaca Al-Qur'an setiap huruf yang ia baca dengan pahala yang besar.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ


“Barang siapa yang membaca satu huruf dalam Al-Qur'an, maka baginya satu kebaikan. Tiap satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidak mengatakan ‘alim lam mim’ satu huruf, tapi alim satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi No. 2910. At-Tirmidzi berkata bahwa hadits ini hasan shahih gharib)



Namun sebelum membaca Al-Qur'an kita dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Berikut doa sebelum membaca Al-Qur'an, yakni:

1. Membaca Ta'awudz

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ


A'uudzu billaahi minasy-syaithoonir rojiim.

"Aku berlindung kepada Allah Ta'ala dari goadaan setan yang terkutuk."

2. Membaca Niat Berikut

Nawaitu at-Ta'alluma wat-ta'liima, Wat-tadzakkura wat-Tadzkiira, Wan-naf’a wal-intifaa’a wal-istifaadata, Wal-hatsa 'ala at-tamassuki bi Kitabillaahi wa Sunnati Rasuulihi, Wad-du'aa ilal huda, Wad-dalaalata alal khairi, Ibtigha'a wajhillahi ta'ala wa mardhatihi wa qurbihi wa tsawaabihi.

"Aku niat belajar dan mengajar, mengingat dan mengingatkan (ilmu), memberi manfaat dan mencari manfaat, memberi keutamaan dan mencari keutamaan, menganjurkan berpegah teguh dengan kitab Allah (Al-Qur'an) dan Sunnah Rasul-Nya, menyeru kepada petunjuk, menunjukkan kepada kebaikan, demi mengharap dapat berjumpa dengan Allah dan keridhaan serta pahala-Nya." (Imam Abdullah Bin Alwi Al-Haddad)

3. Membaca Doa Nabi Musa

رَبِّ ا شْرَحْ لِيْ صَدْرِ وَيَسِّرْلِيْ أَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْ قَوْلِيْ


Rabbisyrahli shadri wayassyirli amrI wahlul uqdatam mil-lisani yafqahu qauli.

"Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku." (QS Thaha: 25-28)

4. Membaca Doa Ampunan untuk Orangtua

رَبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ آمِيْن


Rabbighfirlii wa liwalidayya wa lilmu'minina, Aamin.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2457 seconds (0.1#10.140)