Jet Supersonik Rusia Kalahkan Pesawat Tempur Terbaik Inggris

Senin, 23 Maret 2015 - 14:03 WIB
Jet Supersonik Rusia Kalahkan Pesawat Tempur Terbaik Inggris
Jet Supersonik Rusia Kalahkan Pesawat Tempur Terbaik Inggris
A A A
LONDON - Rusia mempunyai pesawat jet pembom supersonik terbaru. Pesawat jet bomber ini mengalahkan pesawat jet tempur terbaik milik Inggris.

Pesawat jet bomber supersonik terbaru Rusia itu bernama Blackjack Tu-160M. Pesawat jet pembom ini siap dilepas Presiden Rusia, Vladimir Putin. Pesawat Blackjack ini diklaim mampu melesat tiga kali lebih cepat dari pesawat jet tempur Thyphoon, Inggris.

Pesawat Blackjack Rusia ini sejatinya pernah muncul di dekat wilayah Cornwall pada bulan lalu. Manuver pesawat jet pembom Rusia itu pernah ditakutkan akan mengganggu pesawat komersial atau pesawat penumpang.

Pesawat Blackjack Rusia memiliki jangkauan 7.600 mil tanpa pengisian bahan bakar, sedangkan pesawat jet tempur Thyphoon Inggris memiliki jangkauan 1.800 mil. Dengan demikian, pesawat Blackjack bisa mempertahankan kecepatan maksimum lebih lama daripada pesawat jet tempur terbaik Inggris itu.

Dr Igor Sutyagin, Senior Russian Research Fellow di Royal United Services Institute (RIS) yang berbasis di London, mengatakan: “Tu-160M sekarang memiliki dorong dan efisiensi bahan bakar yang lebih besar dan dapat membawa muatan lebih besar dari rudal konvensional.”

”Uji coba penerbangan telah berhasil dan pesawat itu kini sangat ampuh. Ini adalah (pesawat) bomber terbesar di dunia,” lanjut Sutyagin. Dua pesawat Blackjack pernah diuji coba terbang pada Desember lalu dan kini siap untuk melayani militer Rusia.

Menurut Sutyagin, Blackjack adalah bagian dari rencana Presiden Putin untuk meningkatkan kemampuan militer Rusia. Dia tidak memungkiri, hal itu dipicu ketegangan antara Rusia dan Barat. ”Presiden Putin telah memprioritaskan bidang pertahanan, di mana ia berpikir ia bisa unggul dari Barat,” lanjut Sutyagin, seperti dilansir Daily Mail, Minggu (22/3/2015).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3356 seconds (0.1#10.140)