Bom Kembar Kacaukan Tahun Baru di Suriah, Puluhan Tewas

Sabtu, 21 Maret 2015 - 14:49 WIB
Bom Kembar Kacaukan Tahun Baru di Suriah, Puluhan Tewas
Bom Kembar Kacaukan Tahun Baru di Suriah, Puluhan Tewas
A A A
HASAKEH - Serangan bom kembar mengacaukan perayaan Tahun Baru Persia atau Nowruz di wilayah Suriah. Lebih dari 50 orang dilaporkan tewas.

Bom kembar yang meledak di sebuah mobil itu diyakini sebagai serangan bom bunuh diri. Target pelaku pemboman adalah warga Kurdi yang sedang merayakan Tahun Baru Nowruz. Sumber keamanan Kurdi mengatakan, lebih dari 100 orang terluka.

Jumlah korban tewas yang dilaporkan berbeda-beda. Kantor berita pemerintah Suriah, SANA, misalnya, menulis ada 37 orang yang tewas. Namun, media-media di wilayah Kurdi melaporkan korban tewas mendekati 56 orang.

Ledakan bom mobil terjadi di al-Shuhadaa Square, di lingkungan perumahan di wilayah Hasakeh. Dua menit kemudian, bom kembali meledak di wilayah yang sama, yang berjarak 50 meter. Lokasi pemboman merupakan tempat kerumunan warga Kurdi yang sedang merayakan Tahun Baru Nowruz.

Direktur Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, Rami Abdel Rahman, menyebut tragedi itu sebagai “pemboman kamikaze”. Sampai hari ini (21/3/2015) belum ada pihak atau kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan bom kembar itu.

Komandan pasukan keamanan Kurdi, Joan Ibrahim, berjanji melakukan serangan balasan. Wilayah Hasakeh sebagian besar dihuni warga Kurdi. Namun, kelompok Islamic of State Iraq and Syria (ISIS) sudah menguasai sebagian dari wilayah yang berbatasan dengan Turki dan Irak itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4691 seconds (0.1#10.140)