Drone Predator AS Lenyap Misterius di Langit Suriah

Rabu, 18 Maret 2015 - 09:24 WIB
Drone Predator AS Lenyap Misterius di Langit Suriah
Drone Predator AS Lenyap Misterius di Langit Suriah
A A A
WASHINGTON - Salah satu drone predator milik Amerika Serikat (AS) lenyap misterius di wilayah udara Suriah. Sementara itu, media pemerintah Suriah, SANA, melaporkan, militer pertahanan udara Suriah telah menjatuhkan pesawat mata-mata di wilayah udara Provinsi Latakia.

Laporan media pemerintah Suriah itu diragukan AS. Washington telah menjelaskan, bahwa militer pertahanan udara pemerintah Presiden Bashar Al-Assad selama ini pasif atau tidak terlibat dalam serangan koalisi internasional untuk memerangi militan Islamic State Iraq and Syria (ISIS). Dengan demikian, AS juga ragu jika drone predator mereka dijatuhkan pasukan Assad.

Insiden hilangnya drone predator AS di langit Suriah itu terjadi hari Selasa kemarin sekitar pukul 07.40 waktu Suriah. AS mengkonfirmasi bahwa mereka kehilangan kontak dengan pesawat predator MQ-1.

Seorang pejabat AS yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan pesawat predator itu lepas landas dari sebuah pangkalan di Turki. Pejabat itu membenarkan, bahwa pesawat yang hilang sedang beroperasi di Provinsi Latakia. Sumber lain, mengagatakan drone predator AS itu telah hancur.

”Saat ini, kami tidak memiliki informasi untuk menguatkan laporan media bahwa pesawat itu ditembak jatuh,” tulis kantor berita Reuters, Rabu (18/3/2015), mengutip sumber pemerintah AS. ”Kami akan menyelidiki insiden ini, dan akan memberikan rincian laporan jika tersedia,” lanjut sumber itu.

Sedangkan kantor berita Suriah, SANA, menulis pesawat predator AS itu bertindak sebagai musuh sehingga dijatuhkan militer Suriah. ”Pertahanan udara Suriah menjatuhkan pesawat mata-mata AS yang bermusuhan di Latakia utara,” tulis SANA.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4878 seconds (0.1#10.140)