Iran Klaim Pengayaan Uraniumnya Meningkat Dua Kali Lipat

Minggu, 18 Desember 2022 - 20:41 WIB
loading...
Iran Klaim Pengayaan Uraniumnya Meningkat Dua Kali Lipat
Iran Klaim Pengayaan Uraniumnya Meningkat Dua Kali Lipat. FOTO/Reuters
A A A
TEHERAN - Iran menyatakan kapasitas pengayaan uraniumnya telah meningkat dua kali lipat. Klaim ini muncul satu hari sebelum pemantau nuklir PBB akan mengunjungi negara itu.

“Saat ini, kapasitas pengayaan negara telah mencapai lebih dari dua kali lipat sepanjang sejarah industri ini,” kata Mohammad Eslami, kepala Organisasi Energi Atom Iran, seperti dikutip oleh kantor berita negara IRNA, Sabtu (17/12/2022).



“Energi nuklir dan produksi tenaga atom memiliki penghematan ekonomi yang besar bagi negara dan efektif dalam mengurangi konsumsi bahan bakar fosil dan tidak terbarukan serta masalah lingkungan,” tambahnya.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) yang berbasis di Wina mengatakan, bahwa tim teknis mereka akan mengunjungi Iran pada Minggu (18/12/2022) untuk mencoba menyelesaikan kebuntuan atas deteksi jejak bahan radioaktif di situs yang tidak dinyatakan sebagai tuan rumah kegiatan nuklir.

Ketua IAEA Rafael Grossi diperkirakan tidak akan menjadi bagian dari delegasi tersebut. Pengawas nuklir PBB telah lama meminta Iran untuk menjelaskan keberadaan uranium buatan manusia yang ditemukan di tiga situs yang tidak diumumkan, meminta "akses ke lokasi dan bahan" serta pengumpulan sampel.

Eslami mengatakan pada 9 Desember, bahwa materi yang terdeteksi di tiga lokasi tersebut telah dibawa ke Iran dari luar negeri.



Masalah ini secara serius menghambat upaya untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan negara-negara besar, yang telah digantung sejak Amerika Serikat secara sepihak menarik diri pada 2018 di bawah presiden Donald Trump saat itu.

Delegasi IAEA awalnya berencana untuk melakukan perjalanan ke Teheran bulan lalu, tetapi kunjungan itu ditunda karena dewan gubernur badan tersebut mengecam Iran karena gagal memberikan jawaban yang “secara teknis kredibel”.

Di bawah kesepakatan 2015, Iran setuju untuk membatasi pengayaan uraniumnya hingga hanya di bawah empat persen, jauh di bawah tingkat 90 persen yang dianggap perlu untuk hulu ledak nuklir. Sebagai imbalan untuk itu dan pembatasan lainnya pada kegiatan nuklirnya, Iran dijanjikan keringanan dari sanksi internasional.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)