Australia Protes Foto Polisi RI Senyum di Samping Duo Bali Nine

Kamis, 05 Maret 2015 - 16:44 WIB
Australia Protes Foto Polisi RI Senyum di Samping Duo Bali Nine
Australia Protes Foto Polisi RI Senyum di Samping Duo Bali Nine
A A A
CANBERRA - Pemerintah Australia secara resmi akan melayangkan nota protes kepada Indonesia terkait beredarnya foto Kapores Denpasar Komisaris Besar Polisi Djoko Hari Utomo yang tersenyum di samping anggota duo Bali Nine.

Foto itu diambil ketika dua gembong narkoba asal Australia yang bakal dieksekusi itu dipindahkan dari Bali ke Nusakambangan, Jawa Tengah. Australia mengutuk foto pejabat polisi di samping Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Kapolres Denpasar telah menjelaskan, bahwa dia tidak tahu jika ada yang mengambil foto ketika dia di samping dua terpidana mati asal Australia itu. Sekretaris Departemen Luar Negeri Australia, Peter Varghese, akan mengajukan protes resmi atas beredarnya foto itu. Protes juga akan disampaikan Duta Besar Australia di Jakarta.

Politikus Partai Liberal Australia, Philip Ruddock, kecewa dengan munculnya foto itu. ”Jelas, mereka melakukannya dengan cara mereka sendiri, sangat prihatin dan di foto itu polisi tersenyum. Yang lainnya, foto dengan tangan di bahu atau berusaha untuk melibatkan mereka dalam percakapan, saya pikir itu sangat disayangkan,” katanya seperti dilansir ABC, Kamis (5/3/2015).

Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, sebelumnya mengaku kaget dengan gaya Indonesia dalam memindahkan duo Bali Nine dari Lapas Kerobokan, Bali menuju Nusakambangan yang dianggap terlalu berlebihan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3156 seconds (0.1#10.140)