Jet Tempur Rusia Pura-pura Serang' Kapal Perang AS

Kamis, 05 Maret 2015 - 16:08 WIB
Jet Tempur Rusia Pura-pura Serang Kapal Perang AS
Jet Tempur Rusia Pura-pura Serang' Kapal Perang AS
A A A
MOSKOW - Pesawat-pesawat jet tempur Rusia beraksi dengan “pura-pura menyerang” kapal perang Amerika Serikat (AS) dan kapal perang NATO lainnya yang sedang latihan tempur di Laut Hitam.

Dalam aksinya itu, Rusia mengerahkan pesawat jet pembom Tu-95 dan pesawat tempur jenis Su-30 dan Su-24. Aksi pesawat-pesawat tempur Rusia itu membuat sejumlah pesawat sipil atau komersial dari sejumlah negara menghindar untuk mencegah tragedi.

Menurut The Irish Examiner, Rabu (4/3/2015), beberapa pesawat komersial yang menghindar itu termasuk maskapai asal Irlandia dan Amerika Utara. Beberapa media Rusia melaporkan, pesawat Su-30 dan Su-24 dikerahkan Kremlin dari Armada Laut Hitam mereka yang berbasis di semenanjung Crimea.

Armada Rusia di Crimea itu merupakan armada terbaru setelah wilayah dicaplok dari Ukraina pada tahun lalu. (Baca juga: Enam Kapal Perang NATO Beraksi di Laut Hitam)

”Awak kapal yang diragukan melakukan latihan (perang) ini memukul mundur 'serangan udara' dari pesawat kami, yang memberikan kesempatan dan pengalaman kepada pilot kami dalam bermanuver dan melakukan pengintaian udara,” tulis media Rusia, Sputnik.

Ini bukan pertama kali pesawat Rusia mendekati kapal perang AS dan sekutunya. Pada bulan April tahun lalu, ketika Rusia mencalok Crimea dari Ukraina, pesawat Su-24 mendekati kapal perang USS Donald Cook dengan jarak hanya 300 meter.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3968 seconds (0.1#10.140)