Kerry Sebut ISIS Sudah Mulai Melemah

Senin, 02 Maret 2015 - 19:34 WIB
Kerry Sebut ISIS Sudah Mulai Melemah
Kerry Sebut ISIS Sudah Mulai Melemah
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) menyebut saat ini ISIS sudah semakin melemah akibat serangan beruntun yang dilakukan oleh koalisi internasional pimpinan AS. Kerry juga mengatakan, saat ini koalisi internasional sudah berada di jalur yang benar untuk bisa mengalahkan ISIS.

Seperti dilansir CNN, Senin (2/3/2015), Kerry menyebut kemajuan paling besar dalam melakukan perlawanan terhadap ISIS terlihat di wilayah Irak, dimana semakin banyak wilayah yang berhasil kembali direbut dari tangan kelompok itu. Sementara di Suriah, Kerry mengaku terdapat sebuah tantangan besar yang membuat perlawanan terhadap ISIS menjadi lebih sulit.

"Pasukan Irak terus maju dalam upaya ofensif mereka dalam melakukan perlawanan terhadap ISIS, dengan bantuan dari koalisi internasional. Serangan itu telah berhasil menekan ISIS," ucap Kerry dalam sebuah pernyataan.

"Sedangkan di Suriah terdapat sebuah kondisi yang berbeda. Terdapat sebuah tantangan besar di Suriah, dan untuk mengalahkan ISIS di sana kita membutuhkan pasukan di darat," imbuh Kerry.

Atas alasan inilah, menurut Kerry, pihaknya memberikan pelatihan miliiter kepada pasukan pemberontak Suriah. Hanya pasukan pemberontak yang bisa melakukan perlawanan di darat, karena hampir mustahil bagi AS untuk bisa mengirim pasukan darat ke Suriah.

"Ada banyak energi, waktu, dan usaha yang sudah kita habiskan dalam hal ini. Saya meyakini dalam beberapa waktu ke depan kita akan dapat mengalahkan, dan pada akhirnya kita akan menghacurkan ISIS. Saya yakin kita akan menang," Kerry menambahkan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3051 seconds (0.1#10.140)