Marzuki Ragu Jong-un Akan Berkunjung ke Indonesia

Rabu, 25 Februari 2015 - 20:49 WIB
Marzuki Ragu Jong-un Akan Berkunjung ke Indonesia
Marzuki Ragu Jong-un Akan Berkunjung ke Indonesia
A A A
JAKARTA - Pelapor khusus PBB soal Korea Utara (Korut), Marzuki Darusman, meragukan kemungkinan kunjungan Kim Jong-un ke Indonesia. Beberapa waktu lalu, Jong-un digembar-gemborkan akan datang ke Indonesia untuk menghadiri acara puncak Konferensi Asia-Afrika akhir April mendatang.

"Mengenai Kim Jong-un, saya tidak yakin dia akan datang ke Indonesia," ucap Marzuki saat menghadiri diskusi Hak Asasi Manusia (HAM) Korut di pusat kebudayaan Amerika Serikat di Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Keraguan Marzuki muncul karena Jong-un belum pernah melakukan perjalanan internasional, dan perjalanan kali ini akan menjadi perjalananan pertama Jong-un ke luar negeri. Keraguan kian menguat, karena Jong-un juga dikabarkan akan melakukan lawatan ke Rusia. Marzuki menilai, Jong-un akan lebih condong untuk melakukan kunjungan ke Rusia daripada ke Indonesia.

Marzuki juga mengatakan, keraguannya cukup kuat karena ia telah melakukan kontak dengan beberapa pihak di Indonesia, termasuk dengan DPR dan Kemlu. Menurutnya, belum ada yang mengetahui apakah Jong-un akan benar-benar datang atau tidak.

"Namun, jika Jong-un benar-benar datang ke Indonesia, maka itu akan menjadi hal yang luar biasa. Itu akan menunjukan bahwa Korut sudah mulai terbuka pada dunia internasional," Marzuki menambahkan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5023 seconds (0.1#10.140)