Pakistan Gantung Dua Militan Pembunuh Dokter Syiah

Selasa, 03 Februari 2015 - 14:08 WIB
Pakistan Gantung Dua Militan Pembunuh Dokter Syiah
Pakistan Gantung Dua Militan Pembunuh Dokter Syiah
A A A
KARACHI - Aparat Pakistan pada Selasa (3/2/2015) menggantung dua militan tersangka pembunuh dokter Muslim Syiah di Karachi. Eksekusi ini merupakan yang terbaru sejak Pakistan mencabut moratorium hukuman mati.

Attaullah alias Qasim, dan Mohammad Azam didakwa membunuh dokter Ali Raza pada tahun 2001. Pembunuhan itu telah menyulut kekerasan sektarian di Pakistan.

”Mereka digantung pada pukul 06.30 pagi ini dan jenazah mereka telah diserahkan kepada keluarga mereka," kata seorang pejabat penjara kepada AFP, yang menolak diidentifikasi. Kedua narapidana yang digantung itu merupakan anggota militan terlarang, Lashkar-e-Jhangvi (LeJ).

Pakistan tercatat sudah mengeksekusi mati 22 orangsejak pemerintahmarah dan mencabut moratorium hukuman mati setelah ratusan siswa dibantai Taliban Pakistan di sebuah sekolah di Peshawar beberapa waktu lalu.

Sementara itu, penyerang tak dikenal meledakkan bom berdaya ledak rendah di dekat dua sekolah di Karachi pada hari ini sebelum eksekusi dua pria itu dilakukan. Penyerang meninggalkan catatan berisi ancaman, bahwa akan ada adegan kekerasan yang lebih besar jika eksekusi itu dilakukan.

PBB, Uni Eropa, Amnesty International dan Human Rights Watch telah meminta Pakistan untuk kembali memberlakukan moratorium terhadap hukuman mati. Namun, Pakistan belum merespons permintaan itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3379 seconds (0.1#10.140)